Health

Cara Smart Agar Si Kecil Konsumsi Makanan Bergizi

By  | 

Sebagian mamas pasti ada yang sering berkeluh kesah seputar urusan makan Si Kecil. Entah itu susah mengonsumsi sayur atau pun seringnya Sang Buah Hati memilah milih makanan yang disukainya. Ternyata, ada beberapa cara yang bisa Anda coba agar Si Kecil lebih banyak mengonsumsi makanan sehat. Apa saja? Ikuti trik Smart Mama ini, Mams.

1. Kenalkan makanan sehat lewat gambar. Jika di televisi sering terlihat iklan makanan instan yang sangat disukai Si Kecil, mulai sekarang kenalkan makanan-makanan sehat seperti brokoli, wortel, dan lainnya lewat buku ataupun gambar yang bisa digantung di dapur. Kenalkan juga manfaatnya jika ia mengonsumsi sayur-sayuran tersebut. Bila Si Kecil mulai tertarik,  Anda bisa mulai meberikannya  sedikit demi sedikit.
2. Buat makanan sehat sebagai satu-satunya pilihan. Agar pola makan sehat terus berjalan, cobalah kosongkan kulkas dan lemari makan dari makanan tidak sehat. Sediakan camilan buah-buahan ataupun puding buatan sendiri agar kesehatan Si Kecil tetap terjaga. Saat Si Kecil mencari makanan, dan hanya mendapati makanan yang Anda sediakan, mau tidak mau ia akan memakannya.
3. Kenalkan makanan baru setiap minggu. Jika Si Kecil tidak mau menyentuh makanan, cobalah lagi, lagi, dan lagi.. Penelitian  membuktikan, anak akan menerima makanan yang semula ditolaknya, dan mulai mencoba mencicipinya. Jadi, jangan memaksa dan pantang menyerah ya, Mams.
4. Biarkan anak memilih. Berikan daftar makanan, lalu biarkan ia memilih 2-3 jenis makanan yang paling disukainya. Si Kecil pasti akan menghabiskan makanan yang dipilihnya sendiri.
5. Jadilah contoh. Mams, Si Kecil adalah peniru ulung. Ia akan menirukan apa yang dilakukan orang di sekelilingnya. Kalau Anda terbiasa mengajak mereka mengonsumsi makanan yang sehat, mereka juga akan tertarik dengan makanan yang Anda makan.  Jika perlu, ajak juga teman-temannya untuk mengonsumsi buah dan sayur yang sudah Anda sediakan di rumah.
6. Ajak Si Kecil berbelanja dan memasak. Sekali-sekali Anda bisa mengajak Si Kecil pergi ke pasar, dan biarkan mereka memilih sayuran dan buah yang ia sukai. Atau, kalau ia tertarik, ajak juga melihat dan menemani Anda saat memasak di dapur. Kalau mereka mengetahui proses membuat makanan, tentu ia  akan lebih tertarik mencobanya kan? (Yosi Avianti/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares