Education

Trik Agar Si Kecil Mau Merapikan Mainannya

By  | 

Rumah berantakan karena mainan Si Kecil mungkin sudah menjadi pemandangan Anda sehari-hari ya Mams. Setelah asyik bermain, Si Kecil cenderung pergi meninggalkan mainannya begitu saja tanpa mengembalikannya ke tempat semula.

Untuk dapat membereskan mainan tersebut, Anda harus mengajarkan terlebih dahulu, sehingga nantinya ia akan terbiasa menaruh kembali mainan ke tempatnya. Ada beberapa trik yang dapat dilakukan agar Si Kecil  mau merapikan mainannya.

1. Hindari kata perintah. Sebaiknya hindari kata suruhan saat merapikan mainan ya, Mamas. Ajak Si Kecil saat Anda tengah merapikan mainannya. Anak-anak lebih senang meniru apa yang orangtuanya lakukan dibanding harus menuruti perintah.
2. Sambil bercerita. Saat merapikan mainan, Anda bisa sambil bercerita. Misalnya dengan mengatakan bahwa tokoh-tokoh mainannya tersebut akan merasa senang bila kembali ke tempat semula setelah selesai dimainkan. Buatlah kegiatan merapikan mainan menjadi sesuatu yang menyenangkan dan tak merepotkan.
3. Klasifikasikan setiap mainan. Agar lebih rapi dan teratur, tempatkan mainan Si Kecil  sesuai kategori dan fungsinya. Misalnya, pisahkan tempat menyimpan buku dengan mainan boneka. Selain terlihat lebih teratur hal tersebut juga dapat membuat mainan tidak mudah rusak. Dengan begitu Si Kecil akan terbiasa mencontoh Anda saat merapikan mainannya.
4. Tempat mainan yang berwarna. Dengan menggunakan tempat mainan yang menarik, Si Kecil akan senang merapikan mainannya. Gunakan juga tempat menyimpan mainan yang mudah dijangkau. Misalnya, gunakan kotak yang tidak terlalu besar dan letakkan di bawah agar Si Kecil mudah mengambilnya.
5. Minimalkan bantuan pengasuh. Saat Si Kecil sedang belajar merapikan mainan, sebaiknya jangan meminta bantuan pengasuh untuk membantunya. Ini akan membuatnya manja dan kembali mengandalkan bantuan orang lain. (Yosi Avianti/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares