Mind

Q&A: Menghadapi Teman yang Gemar Berbohong

By  | 

Q: Saya memiliki seorang rekan kerja yang gemar berbohong. Sekali dua kali, saya masih tak peduli mendengar bualannya. Lama kelamaan saya jadi mulai sebal mendengarnya, apalagi saya harus bertemu dengannya setiap hari. Haruskah saya menegurnya secara langsung?

Lena, 29 tahun, mama dari Nadia, 1 tahun

A: Jangan biarkan Si Pembual ini meneruskan kebiasaannya lagi, Mams. Bila ia memperlihatkan tanda akan memulai lagi omong kosongnya, segera ambil langkah tegas padanya. Berikut tip dari Smart Mama bagaimana menghadapi Si Pembohong ini.

1. Keep calm. Kalau Anda sudah memiliki bukti atas kebohongan yang ia lakukan, dan siap mengonfrontasinya, maka tegurlah teman Anda tersebut. Tunjukkan padanya kalau Anda tidak bisa dibohongi. Namun semarah apapun Anda, bicarakan dengan kepala dingin dan tetap jaga nada suara agar tidak terkesan menuduh atau menghakimi. Pendekatan tenang akan jauh lebih efektif daripada marah.

2. Let them know the impact. Ketika Anda mengonfrontasinya, pasti ia akan defensif. Lakukan pendekatan dengan hati-hati dan secara halus, dengan menjabarkan padanya mengenai dampak yang ditimbulkan dari kebohongannya. Ini seharusnya membuatnya berpikir kembali soal apa yang diperbuatnya pada Anda.

3. Tetap berempati. Perlakukan ia seperti Anda ingin diperlakukan. Mungkin ia akan merasa sangat malu karena semua yang ia katakan selama ini diketahui kebohongannya oleh Anda. Tapi tak perlu kasar dan menyindirnya habis-habisan ya, Mams.

4. Berikan kesempatan menjelaskan. Walau telah mengetahui segala kebohongannya, tak ada salahnya jika orang tersebut juga diberi kesempatan untuk menjelaskan alasannya berbohong pada Anda.

5. Tak ada rasa percaya lagi. Orang yang seringkali dibohongi, akan sulit baginya memiliki rasa percaya lagi kepada orang tersebut. Kepercayaan Anda padanya tentu akan memudar. Sampaikan padanya bahwa untuk sementara sebaiknya menjaga jarak. Kalau memang kelak ia melakukan lagi hal sama, maka pikirkan ulang hubungan pertemanan dengannya. (Tammy Febriani/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares