Finance

Tip Keuangan untuk Anda yang Tinggal di Luar Negeri  

By  | 

Apapun alasannya, tak sedikit orang yang ingin mengadu nasib dengan tinggal di luar negeri baik menetap selamanya atau hanya sementara. Beberapa faktor seperti menikah dengan warga negara asing, mendapatkan beasiswa atau tawaran pekerjaan yang lebih baik membuat banyak keluarga Indonesia yang kini hidup di berbagai belahan dunia. Nah, untuk Anda yang berencana meninggalkan tanah air lantaran hal-hal tersebut, banyak hal yang harus diperhatikan, termasuk masalah financial. Apa sajakah tip keuangan yang harus Anda tahu? Ikuti pembahasan Smart Mama berikut.

1. Susun budget keuangan Anda
. Sama seperti kehidupan keluarga Anda di tanah air, Anda harus ingat bahwa budget keuangan per bulan Anda harus tersusun sempurna sebelum Anda menginjakkan kaki di negeri orang. Cari tahu sebanyak mungkin informasi mengenai pengeluaran primer rutin rata-rata keluarga dengan 1-2 anak yang mencakup kebutuhan makan, transportasi, dan sewa tempat tinggal. Sediakan juga dana entertainment dan dana darurat selama Anda menetap di negara tujuan.

2. Menyimpan uang dalam bentuk US dollar
. Bila memungkinkan, simpan uang tunai atau tabungan Anda dalam bentuk mata uang US dollar yang relatif lebih stabil, khususnya bila Anda tinggal di negara lain yang nilai tukar uangnya lebih rendah daripada nilai tukar US dollar terhadap rupiah.

3. Kenali aturan keuangan yang ditetapkan untuk pendatang
. Setiap negara memiliki aturan tersendiri untuk beragam hal, termasuk masalah keuangan atau perbankan yang mungkin berbeda untuk warga pendatangnya. Hal ini mungkin menyangkut juga mengenai pajak tertentu yang mungkin harus Anda bayarkan selama tinggal di negara tersebut. Oleh karena itu, banyaklah mencari informasi baik dari internet atau bertanya langsung pada rekan atau keluarga yang mungkin sudah lebih dulu tinggal di sana.

4. Bergabung dengan komunitas warga Indonesia di negara itu.
Pada umumnya di setiap negara memiliki beberapa KJRI (Konsultan Jendral Republik Indonesia) di kota yang mungkin akan menjadi tempat tinggal Anda. Segeralah masuk dalam komunitas tersebut agar Anda jadi lebih tahu mengenai bermacam budaya dan kebiasaan negara tersebut, termasuk yang menyangkut masalah financial. (Lenny Delima/Photo: Istockphoto.com)

Shares