Relationship

Keinginan Mertua Yang Wajib Anda Tahu!

By  | 

Hubungan mertua dan menantu seringkali diwarnai konflik, baik kecil maupun besar. Tak heran jika banyak menantu perempuan yang memilih hidup menjauh dari mertua, karena kebanyakan mereka terganggu dengan aturan ibu mertua. Sebenarnya, menjauh bukanlah solusi tepat. Anda hanya perlu tahu beberapa hal berikut.

Tak bisa dimungkiri, pada dasarnya semua aturan dan ‘keribetan’ yang diberikan mertua tentu untuk kebaikan Anda dan suami. Sayangnya tak banyak menantu yang menerima dengan hati lapang, ditambah lagi ‘komporan’ dari orang-orang yang mungkin saja anti mertua. Sebenarnya untuk menjadi menantu yang baik dan dicintai ibu mertua sangatlah mudah. Kenali dulu orangnya dengan baik, dan pahami, apa saja yang diinginkannya.

Dilibatkan. Setiap kali mengambil keputusan, pastikan mertua menjadi orang yang tahu lebih dahulu dibandingkan orang lain. Akan lebih baik lagi jika kalian bermusyawarah bareng mertua sebelum memutuskan sesuatu. Ini akan membuat ia merasa dihargai karena masih membutuhkan masukan darinya.
Dicintai. Sebelum bertemu Anda, cinta suami pastilah sepenuhnya untuk orangtuanya. Tak heran jika ada sebagian mertua yang merasa cemburu dengan kehadiran menantu. Untuk mengatasinya, tunjukkan bahwa Anda tidak merampas cinta anaknya, justru Anda juga sama-sama mencintai mertua sebagaimana suami Anda mencintainya.
Tidak dianggap kuno. Ini seringkali menjadi salah satu pemicu masalah. Berbeda jaman, berbeda pula pemikirannya. Jika mertua memberi saran yang menurut Anda terdengar kuno, sebaiknya jangan Anda timpali, tapi ambillah sisi baiknya dan buang buruknya.
Ingin anaknya dicintai. Orangtua mana yang tidak ingin anaknya dicintai? Begitupun dengan mertua Anda. Oleh karena itu tunjukkan padanya bahwa Anda sangat menyanyangi suami. Misalnya selalu membuat masakan favoritnya.
Waktu bersama. Jika kalian tidak tinggal satu rumah, pastikan untuk menyempatkan waktu bersama. Karena pastinya mertua ingin bersenda gurau bersama suami, Anda dan juga cucu-cucunya. (Yosi Avianti/LD/Photo : Istockphoto.com)

Shares