Health

Pola Makan untuk Mencegah Obesitas pada Anak

By  | 

Obesitas tidak hanya terjadi pada orangtua saja, lho, Si Kecil pun bisa, Mams. Hal ini bisa terjadi karena pola kebiasaan makan yang tak terkendali dan tidak menentu. Apalagi jika ditambah kurang olahraga, hal ini akan memperburuk metabolisme tubuh Si Kecil.

Nah, sebelum Si Kecil terlanjur terkena obesitas, ada baiknya Anda menjaga pola makannya agar lebih sehat dan sesuai porsinya. Obesitas pada anak dapat berdampak pada kesehatan Si Kecil di kemudian hari. Risiko penyakit berbahaya seperti stroke, serangan jantung, dan diabetes  mengintai anak yang obesitas.

Berikut ini beberapa tip menu pola makan agar Si Kecil terhindar dari obesitas.

1. Berikan aneka jus menyehatkan. Jika Si Kecil menyukai minuman bersoda atau sirup, sebaiknya ganti dengan aneka jus  menyehatkan, seperti semangka, pepaya, apel, anggur, dan jeruk. Hal ini bermanfaat untuk proses detoksifikasi di tubuh Si Kecil. Berikan segelas jus setiap hari dengan kadar gula rendah, karena gula tinggi dapat memicu munculnya obesitas.
2. Hindari makanan cepat saji.Jenis makanan cepat saji jelas kurang baik jika terlalu sering diberikan. Biasanya dalam makanan tersebut mengandung lemak berkadar tinggi yang dapat memicu obesitas.
3. Porsi sarapan sehat. Sarapan merupakan hal penting. Oleh karena itu, Anda dianjurkan menyiapkan semangkuk sereal dan susu. Kemudian, tambahkan juga buah-buahan agar tubuhnya tetap sehat.
4. Camilan kaya nutrisi. Dua potong roti dengan mentimun, tomat, dan keju rendah lemak cukup untuk pengganti camilan Si Kecil. Sediakan camilan ini guna mencegah Si Kecil meminta jajanan di luar rumah yang tak terkontrol kebersihannya.
5. Mengonsumsi sayuran. Kebanyakan anak-anak tidak suka sayur, karena bagi mereka rasanya aneh dan hambar. Jadi cara yang baik menyajikan hal itu adalah mengombinasikan dengan bahan lain, contohnya dengan membuat sup yang dicampur dengan baso atau sosis favoritnya. Hal ini penting agar gizi dan nutrisinya terus terpasok dalam  tubuhnya. (Yosi Avianti/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares