Sex

Smart Mama Story: Bercinta Paska Melahirkan

By  | 

Salah satu hal yang dikhawatirkan kebanyakan wanita paska kelahiran Si Kecil adalah kembali aktif bercinta dengan pasangan. Hal ini kerap menjadi dilema, banyak mama yang takut saat harus berhubungan kembali setelah 40 hari melahirkan, namun di sisi lain merasa berkewajiban untuk melayani pasangan setelah sekian lama ‘puasa’ bercinta. Nah untuk itu tiga Smart Mama berikut berbagi cerita untuk Anda.

“Sesaat setelah masa nifas saya selesai, meskipun belum mencapai 40 hari setelah kelahiran bayi kami, saya dan pasangan mencoba melakukan aksi ranjang kembali. Karena agak takut, saya meminta pasangan melakukan penetrasi secara perlahan, dan kami pun bercinta dengan posisi missionary yang menurut saya paling nyaman. Memang sih malam itu saya tidak mencapai orgasme, namun paling tidak kekhawatiran saya untuk beraksi panas paska melahirkan hilang.”

Freya, 27 tahun, mama dari Revaldo, 1 tahun

“Sebetulnya saya melahirkan dengan cara operasi Caesar, sehingga masa nifas yang saya alami tidak sampai 40 hari. Namun tetap saja kami melakukannya setelah lebih dari 40 hari karena jujur saja berbagai kekhawatiran menghantui saya, mulai dari takut jahitan lepas hingga khawatir sakit setelah sekian lama tidak bercinta. Tetapi saya juga merasa iba dengan suami yang sudah bersabar menunggu sekian lama, dan ternyata sama sekali tidak ada yang perlu dikhawatirkan, semua berjalan lancar.”

Helena, 33 tahun, mama dari Kimora, 4 tahun

“Saya melahirkan secara normal dan mengalami tindakan episiotomi atau digunting karena bayi saya berukuran cukup besar. Hal tersebut membuat saya sangat takut namun akhirnya memberanikan diri untuk melakukannya 45 hari paska melahirkan, itupun dengan segala macam pesan kepada suami agar ia berhati-hati. Saya merasa sangat takut seperti wanita yang baru saja bercinta untuk pertama kalinya, namun ternyata aksi kami berjalan lancar, bahkan saya kembali hamil saat bayi kami masih berusia 5,5 bulan.”

Febriani, 33 tahun, mama dari Cello, 4 tahun, dan Felicia, 3 tahun (Karmenita Ridwan/LD/Photo: Various)

Shares