Mind

Menikmati Nesting Sebagai Me Time

By  | 

Pernahkah tiba-tiba Anda merasa sangat berenergi dan bersemangat untuk membereskan dan merapikan seluruh rumah? Bila pernah, jangan bingung Mams, kecenderungan selalu ingin membersihkan dan mengorganisir ini disebut nesting.

Pengertian Nesting
Nesting selama kehamilan bisa dibilang merupakan insting seorang calon mama untuk menyiapkan rumahnya sebelum Sang Bayi hadir. Insting ini akan semakin meningkat seiring bertambahnya usia kehamilan Anda. Terlebih di minggu-minggu terakhir menjelang persalinan. Bahkan, katanya nesting merupakan pertanda kalau Anda sebentar lagi akan bersalin lho, Mams.

Pemicu Nesting:

  • Merasa bosan karena kegiatan yang terbatas saat hamil.
  • Frustasi karena akan menghadapi persalinan.
  • Merawat bayi akan memakan banyak waktu dan energi, jadi calon mama ingin semuanya siap sebelum bayi lahir.
  • Ungkapan kegembiraan karena akan menyambut Si Newborn.

Kapan Nesting Mulai Muncul
Nesting dapat dirasakan calon mama kapan saja. Namun seringkali dirasakan pada minggu-minggu terakhir kehamilan. Namun jangan khawatir bila Anda tak mengalaminya ya, Mamas to be. Tak semua wanita hamil mengalami ini.

Seperti apakah Nesting itu?
Setiap calon mama merasakan nesting berbeda. Sebagian calon mama sangat bersemangat membereskan rumah, mengecat dinding, atau merapikan rak serta lemari pakaian. Sedangkan calon mama yang lain lebih menyukai menyiapkan perlengkapan bayinya, mulai dari pakaian, crib, hingga mainan-mainannya.

Apakah Nesting Berbahaya?
Nesting tidak berbahaya bagi Anda maupun bayi dalam kandungan. Namun, untuk keamanan, Anda tetap harus memperhatikan beberapa hal. Anda bisa meminta bantuan suami atau orang lain untuk:

  • Mengangkat barang yang berat.
  • Karena keseimbangan calon mama tidak sama seperti sebelum hamil, maka minta bantuan orang lain saat membereskan rak yang tinggi, apalagi saat harus menggunakan tangga.
  • Membersihkan dengan menggunakan pembersih berbahan kimia seperti pemutih atau pembersih oven, juga termasuk mengecat dinding. Walau bukan Anda yang melakukan kegiatan ini, namun Anda tetap harus memperhatikan sirkulasi udara rumah Anda ya, Mams to be.

Nikmati nesting ini sebagai ‘me time’ Anda menjelang persalinan ya, Mams to be. Walau begitu, sebaiknya jangan terlalu lelah. Anda tetap harus banyak beristirahat dan simpan energi Anda untuk persalinan nanti. (Tammy Febriani/LD/Photo: Various)

Shares