Finance

Jika Harus Membiayai Hidup Orangtua atau Mertua

By  | 

Mengelola keuangan keluarga bukanlah perkara mudah ya, Mamas. Pasalnya, ini tidak hanya mencakup cara mengelola keuangan buat diri sendiri, melainkan juga untuk mengatur kebutuhan seluruh keluarga besar. Oleh karena itu, saat sudah berumah tangga, sangatlah penting untuk Anda bisa bersama suami mengelola keuangan keluarga. Karena bisa saja Anda mendapati kondisi harus membiayai seluruh kebutuhan orangtua dan mertua. Menghadapi permasalahan ini, alangkah baiknya jika Anda dan suami duduk bersama mengatur alokasi pengeluaran keluarga. Berikut tipnya:

1. Mulai bicara. Bicarakan pada suami mengenai pentingnya bersama-sama menghitung pengeluaran keluarga saat ini. Mengingat pembicaraannya akan sangat sensitif, alih-alih langsung membicarakan tentang pengeluaran untuk mertua atau orangtua, baiknya Anda menghitung seluruh pengeluaran keluarga setiap bulannya dulu, ditambah pengaturan biaya tahunan.

2. Buat alokasi. Bagilah pengeluaran menjadi empat bagian, yaitu alokasi untuk tabungan, pembayaran cicilan utang, pengeluaran rutin keluarga, dan pengeluaran pribadi. Pengeluaran untuk orangtua Anda atau suami, juga dimasukkan dalam pengeluaran rutin.

3. Merinci lebih dalam. Saat membagi pengeluaran tersebut, jangan lupa membahas masing-masing alokasi pengeluaran secara detail. Diskusikan juga alokasi uang bulanan untuk orangtua berdua. Sampaikan keinginan untuk memberikan dalam jumlah sama. Apakah memang cukup untuk masing-masing orangtua ataukah ada kebutuhan lain sehingga harus memberikan lebih besar kepada salah satunya.

4. Sisihkan tabungan. Ingatkan suami, bahwa kita juga perlu menabung untuk kebutuhan keluarga sendiri. Contohnya menyiapkan dana pendidikan anak-anak, menyiapkan kebutuhan dana pensiun, mengalokasikan dana darurat, serta kebutuhan keluarga yang menjadi prioritas lainnya. Memang, keterbukaan dalam pengelolaan keuangan keluarga sangat penting. Dengan cara ini Anda dan suami bisa membangun rasa saling percaya, dan juga membangun masa depan keluarga jadi lebih baik.(Yosi Avianti/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares