Health

Ini Cara Atasi Biang Keringat pada Anak

By  | 

Timbulnya biang keringat memang tidak berbahaya bagi kesehatan Si Kecil namun masalah kulit ini cukup menganggu kenyamanannya lho, Mamas. Pasalnya, ia kerap merasa gatal serta timbul bintik dan ruam pada kulitnya. Agar segera teratasi dan tidak menyebar ke bagian kulit lain, lakukan beberapa hal natural berikut ya.

  • Jauhi Si Kecil dari tempat panas. Pada umumnya biang keringat terjadi akibat udara panas atau lembap, juga aktivitas fisik yang memicu keluar keringat dalam jumlah cukup banyak. Nah ada baiknya setelah melakukan berbagai aktivitas di tempat panas, segera bawa ia ke tempat sejuk dan membuka bajunya. Hal ini dapat mereduksi timbulnya biang keringat.
  • Mandi air hangat yang dibubuhi baking soda. Sediakan satu bak air hangat yang dibubuhi kurang lebih dua sendok teh baking soda. Zat yang ada dalam baking soda terbukti ampuh meminimalisasi biang keringat sekaligus menghilangkan rasa gatal.
  • Kenakan pakaian longgar. Udara yang masuk dari pakaian yang longgar membuat Si Kecil tidak mudah kepanasan dan terhindar dari keringat berlebih. Dengan sendirinya hal ini dapat mengurangi timbulnya biang keringat dan mereduksi rasa gatal.
  • Es batu. Cara satu ini juga layak dicoba Mams, letakkan es batu dalam kain kemudian oleskan pada bagian kulit yang terkena biang keringat. Hal ini berguna untuk mendinginkan rasa panas pada kulit yang disebabkan biang keringat, rasa gatal juga akan berkurang.
  • Pastikan kamar Si Kecil memiliki udara yang sejuk. Pada umumnya kamar anak memiliki pendingin ruangan, namun jika tidak, Anda dapat meletakkan kipas angin di sudut ruangan untuk menjaga kesejukkan kamar namun tidak langsung menerpa tubuh Si Kecil, guna menghindari datangnya penyakit lain.
  • Gunakan adonan tepung serealia. Tepung yang terbuat dari biji-bijian ini juga ampuh menyembuhkan biang keringat. Campur tepung dengan yogurt tawar dan air secukupnya, hal ini dapat membantu mendinginkan kulit sekaligus mengangkat kulit mati agar kulit Si Kecil kembali halus.
  • Cegah Si Kecil untuk menggaruk. Jika Si Kecil memiliki gejala biang keringat, cegah ia menggaruk bagian kulit tersebut dengan rajin memotong kukunya. Bila perlu saat tidur pastikan ia mengenakan sarung tangan ya Mams. (Karmenita Ridwan/LD/Photo: Various)

Shares