Beauty & Style

Q&A : Atasi Rambut Rontok Usai Melahirkan

By  | 
Q : Usai melahirkan dua minggu lalu saya mengalami kerontokan rambut cukup parah. Sejauh ini saya hanya menggunakan hair tonik. Adakah cara lain yang bisa saya lakukan?
Dinda, 30 tahun, mama dari Alif, 1 bulan
A: Memang sebagian wanita setelah melahirkan mengalami kerontokan rambut. Dan rambut rontok paska melahirkan (postpartum hair loss) adalah normal dan hanya terjadi sementara karena perubahan hormon. Namun, Anda dapat mendorong pertumbuhan rambut lebih cepat dengan memijat kulit kepala setiap pagi selama 1-2 menit sebelum keramas atau bisa memakai masker perangsang tumbuh rambut. Selain itu ada beberapa cara lain untuk mencegah kerontokan paska persalinan yang bisa Anda coba, Mams
 
1. Hindari gaya rambut menarik atau meregangkan rambut. Menarik rambut dapat menyebabkan stres dan trauma pada kulit kepala. Rambut yang terlalu ditarik lebih cenderung rontok secara alami.
2. Pertahankan mengonsumsi buah-buahan dan sayuran. Buah dan sayuran tidak hanya bagus untuk kesehatan, tetapi juga mengandung flavanoids dan antioksidan yang mampu melindungi folikel rambut. Selain itu, makanan ini juga bisa mendorong pertumbuhan rambut meningkat.
3. Pilih sampo dan kondisioner dengan bahan berkualitas. Sampo yang mengandung biotin atau silika dapat meningkatkan kesehatan rambut dan merangsang pertumbuhan folikel. Gunakan secara teratur dan bilas dengan air dingin.
4. Sisir rambut basah dengan sisir bergigi. Menggunakan sisir bergigi bisa mengurangi jumlah rambut tertarik, dan sebaiknya kurangi penggunaan alat styling yang panas. Alat styling panas seperti alat pengeriting rambut, rol panas, dan pengering dapat meningkatkan kerontokan rambut. Biarkan rambut kering secara alami.
5. Rambut dipotong pendek. Rambut panjang lebih berat dan kerap menarik kulit kepala. Namun potongan rambut pendek dapat menyebabkan rambut terlihat lebih penuh dan sehat, selain itu juga menjadi lebih mudah diurus ketimbang rambut panjang.
6. Hindari stres. Memiliki bayi selain membuat Anda bahagia juga bisa menimbulkan stres bagi sebagian ibu baru. Cobalah menghindari situasi stres tambahan, karena hal tersebut dapat menyebabkan rambut rontok. (Yosi Avianti/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares