Style

Q & A : Bantal Khusus untuk Bayi

By  | 
Q : Saat ini saya memiliki bayi yang baru berusia dua bulan. Saya ingin bertanya tentang posisi tidur bayi agar kepalanya tidak peyang. Apakah saya harus membeli bantal khusus untuk mencegah hal tersebut? 
Tifani, 28 tahun, mama dari Resa, 2 bulan
A : Memang bayi yang baru lahir memiliki bagian kepala lunak yang disebut fontanel alias ubun-ubun. Secara alami ubun-ubun akan mengeras di usia bayi 6-20 bulan. Karena ubun-ubun masih lunak, kepala bayi mudah berubah bentuk. Kepala bisa menjadi peyang jika bayi terlalu lama berada di posisi tidur atau gendongan yang sama terus menerus. Sampai usia bayi sekitar enam bulan atau sebelum ubun-ubunnya mengeras, kondisi itu masih mungkin diperbaiki. Caranya sederhana saja, yaitu mengubah posisi bayi saat tidur. Misalnya, jika sisi kiri kepalanya datar, usahakan bayi tidur dengan posisi kepala ke arah kanan. Berikut beberapa cara lain yang bisa Anda coba, Mams.
 
1. Mengganti arah. Rajinlah mengganti posisi tidur bayi. Jangan selalu ke kanan atau kiri, tetapi bergantian arah.
2. Bantal khusus. Gunakan bantal khusus untuk bayi. Bantal yang didesain khusus itu akan menahan leher sehingga kepala tidak tertekan. Jangan menidurkan bayi dengan bantal empuk sebab itu akan mengubah bentuk kepalanya. Anda bisa coba gunakan Olus Pillow. Bantal yang dikhususkan untuk bayi 0-9 bulan ini berfungsi membentuk kepala bayi agar tidak peyang atau untuk memperbaiki kepala bayi yang terlanjur peyang menjadi bulat sempurna.  Bantal Olus ini berbahan alami sehingga tidak menimbulkan efek samping negatif pada kepala bayi. Bantal ini berisi kulit kacang hijau yang telah dibersihkan dan diolah secara alami tanpa melalui proses kimia, berguna untuk melancarkan aliran peredaran darah di kepala bayi yang bermanfaat untuk pertumbuhan rambut dan dapat membentuk tulang tengkorak bayi hingga bulat sempurna.
Bantal-Bayi-Olus-Pillow-Dhanis-Baby-Shop-Toko-Perlengkapan-Bayi-Murah-2

Olus Pillow

3. Menggendong. Menggendong bayi adalah cara terbaik agar ia tidak pegal karena berbaring. Menggendong dengan baby carrier ala kangguru akan membuat bentuk kepala bayi bagus.
4. Pancing dengan suara. Cara ini bisa membuat bayi otomatis berganti posisi. Nyalakan musik atau mainkan mainan berbunyinya di berbagai sisi sehingga ia mau menggerakkan kepalanya ke arah yang Anda inginkan. Cara ini juga bagus untuk melatih kemampuan pendengarannya. (Yosi Avianti/LD/Photo: Istockphoto.com, Various)
 

Shares