Education

Manfaat Bermain Puzzle untuk Si Kecil

By  | 
Banyak cara merangsang kecerdasan anak, salah satunya dengan permainan yang mengandung nilai edukatif yaitu bermain puzzle. Bermainpuzzle selain menyenangkan juga dapat meningkatkan keterampilan anak. Puzzle merupakan permainan yang membutuhkan kesabaran dan ketekunan dalam merangkainya. Dengan terbiasa bermain puzzle, lambat laun Si Kecil akan terbiasa bersikap tenang, tekun, dan sabar dalam menyelesaikan sesuatu. Apa saja manfaat lainnya? Simak yang satu ini, Mamas.
1. Meningkatkan keterampilan motorik halus. Dengan bermain puzzle tanpa disadari akan melatih gerakan tangan dan jari-jari Si Balita.
2. Meningkatkan keterampilan sosialPuzzle bisa dimainkan sendiri ataupun bersama teman-temannya. Dengan bermain bersama akan melatih Si Kecil saling menghargai, saling membantu, dan berdiskusi satu sama lain.
3. Melatih koordinasi mata dan tanganPuzzle dapat melatih koordinasi tangan dan mata anak untuk mencocokkan keping puzzle dan menyusunnya menjadi satu gambar. Puzzle juga membantu anak mengenal dan menghapal bentuk.
4. Melatih kesabaran. Dengan bermain puzzle akan melatih Si Kecil lebih tekun dan sabar saat menyelesaikan tantangan.
5. Memperluas pengetahuan. Si Kecil akan belajar banyak hal, misalnya warna, bentuk, angka, huruf, dan lainnya. Ia juga mendapat pengetahuan lainnya seperti mengenal binatang, alam sekitar, buah-buahan, alfabet, dan lainnya.
6. Melatih memecahkan masalah. Salah satu manfaat utama dari permainan puzzle adalah meningkatkan kemampuan memecahkan masalah. Permainan ini membantu Si Kecil untuk berpikir bagaimana menyelesaikan potongan demi potongan puzzle. Selain itu, puzzle juga dapat membantu anak mencapai tujuan dan memiliki sesuatu yang dapat dibanggakan, sehingga membuatnya ingin menyelesaikan lebih banyak puzzle lagi. Hal ini juga akan membuatnya lebih tertarik belajar di sekolah. (Yosi Avianti/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares