Finance

5 Tip Hemat Berbelanja Diapers

By  | 

Tak diragukan lagi, biaya pengeluaran Anda setiap bulan untuk membeli popok sekali pakai atau diapers cukup besar ya, Mams. Memang sih, ada cloth diaper yang seharusnya bisa lebih hemat, namun tak semua mama tentunya bisa beralih ke popok kain bukan? Dan bagi para mama pengguna diapers, ada beberapa tip yang bisa Anda terapkan untuk bisa lebih berhemat dalam membeli diapers. Berikut tip dari Smart Mama yang bisa Anda ikuti.

  1. Sesuaikan size. Semakin besar ukuran diapers, tentu semakin mahal pula harganya. Seperti kita ketahui, pada setiap kemasan diapers tercantum size dan kisaran berat Si Kecil yang pas mengenakannya. Anda tak perlu berpatokan pada kemasan, karena belum tentu size dan berat yang dianjurkan pada kemasan pas untuk anak Anda. Jadi Anda sesuaikann saja pada tubuh Si Kecil, kalau memang ia lebih pas dengan size lebih kecil, selain Si Kecil lebih nyaman, Anda pun akan lebih hemat.
  2. Perhatikan posisi penggunaannya pada Si Kecil. Saat Anda mendapati popok Si Kecil bocor, jangan buru-buru menggantinya dengan ukuran lebih besar. Bisa saja hanya karena penggunaannya yang kurang pas. Bila kebocoran di bagian depan, maka cobalah menaikkan bagian depan popok lebih ke atas lagi. Dan bila kebocoran pada bagian belakang, maka Anda bisa lebih menariknya ke atas pada bagian belakang popok. Namun bila ini tak juga menyelesaikan masalah, maka memang sudah waktunya Anda menaikkan size popok Si Kecil ke ukuran yang lebih besar.
  3. Jangan berpatokan pada harga perkemasan, tapi pada harga per buahnya. Karena, tidak semua kemasan jumlah isinya sama, walau dengan merek sama sekalipun, beda tipe bisa beda jumlahnya.
  4. Sediakan stock. Setiap kali Anda melihat promo diapers murah, dan tentunya saat itu Anda juga ada budget lebih, beli saja, Mamas. Walau Anda belum membutuhkannya saat ini, tapi selagi promo, Anda jadi bisa lebih hemat. Daripada membelinya saat Anda sedang membutuhkan dengan harga penuh, lebih baik beli dengan harga diskon bukan?
  5. Tak berpatokan pada satu merek. Bila Anda ingin lebih hemat, Anda harus rela berganti-ganti merek diapers. Karena biasanya department store akan mengeluarkan promo berbeda-beda merek setiap minggunya. Selama kualitasnya tak jauh berbeda, tentunya takkan jadi masalah bagi kenyamanan Si Kecil. (Tammy Febriani/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares