Career

5 Cara Membuat Kantor Anda Lebih Cerdas

By  | 

Anda pasti sepakat kan, Mamas, bahwa tak hanya ponsel maupun televisi yang harus cerdas, tempat kerja Anda pun sebaiknya dibuat lebih cerdas demi kelancaran sistem kerja. Hal ini akan membuat kinerja para karyawan lebih efektif dan maksimal sehingga tidak perlu ada overtime, juga mereduksi keluhan dan turn over yang tinggi. Dan yang terpenting adalah produktivitas kerja meningkat dan mendatangkan profit bagi perusahaan. Yuk simak lima cara membuat kantor Anda menjadi lebih cerdas dan efektif

  1. Pemilihan warna yang tepat. Memang terdengar sepele ya Mams, tetapi percaya atau tidak warna dapat menentukan mood seseorang lho. Oleh karena itu, pastikan Anda memilih warna yang dapat meningkatkan mood dan semangat bagi para pekerja misalnya putih, abu-abu, dan krem sebagai warna utama di sebagian besar area, namun berikan warna terang pada salah satu sisi dinding atau ornament. Hal tersebut dapat membuat pekerja lebih bersemangat, fokus, dan inovatif.
  2. Desain yang efektif. Pastikan desain ruangan yang simpel namun efektif, misalnya space meja kerja atau ruangan sesuai dengan jumlah karyawan. Jangan lupa menyisakan space jika nantinya Anda memiliki rencana pengembangan bisnis. Pencahayaan juga perlu diperhatikan, ruangan yang terlalu gelap dapat menurunkan mood, tak ada salahnya jika ruangan kerja terdiri dari banyak kaca agar lebih terang dan memiliki pemandangan tidak monoton.
  3. Fasilitas memadai. Tak perlu mewah, namun fasilitas harus memadai, mulai dari toilet yang nyaman, kebersihan yang terjaga, pendingin ruangan yang sesuai, udara bersih dan tidak berbau, hingga lapangan parkir yang juga nyaman dan aman.
  4. High Technology. Perangkat kerja berteknologi tinggi dan canggih juga dapat mempercepat kerja karyawan. Contohnya laptop yang sesuai dengan pekerjaan Si Karyawan, fasilitas internet cepat, serta alat komunikasi yang dapat mempermudah kerja karyawan.
  5. Sarana hiburan dan kebugaran. Jika Anda belum memiliki dana untuk membuat gym kecil serta sarana hiburan lain, tak ada salahnya menyediakan sarana hiburan dan kebugaran sederhana saja. Contohnya TV dan satu alat treadmill yang dapat digunakan secara bergantian, tentu saja Anda harus membuat peraturan dan jadwal dalam penggunaannya. Hiburan dan kebugaran membuat pekerja jauh dari stres serta penyakit yang dengan sendirinya dapat mereduksi biaya asuransi kesehatan. Cerdas kan Mams? (Karmenita Ridwan/LD/Photo: Various)

Shares