Mind

3 Tanda Anda Tak Lagi Punya Waktu Urus Diri Sendiri

By  | 

Sebagai mama, tentunya kita akan selalu disibukkan mengurus suami, anak, dan urusan rumah tangga, hingga kadang kita sampai tak lagi sempat mengurus diri sendiri. Padahal, untuk bisa memberikan yang terbaik bagi orang tersayang, Anda pun juga harus dalam kondisi terbaik juga. Memang sih, sebagai ibu tentunya hal seperti itu tidaklah mudah. Seringkali alasan anaklah yang paling membuat Anda menomorduakan urusan lainnya, termasuk Anda sendiri. Lalu apa tanda-tandanya kalau Anda sudah tak lagi sempat mengurusi diri sendiri? Berikut tanda-tandanya, Mams.

  1. Anda tak dapat melakukan segalanya dengan baik. Ada dua hal yang jadi alasan tak dapat menyelesaikan to do list Anda sendiri. Pertama, to do list yang dibuat terlalu panjang, dan yang kedua adalah Anda tidak peduli dengan to do list yang ada, karena Anda sendiri sudah kewalahan mengerjakannya.
  2. Seringkali kelelahan atau sering sakit. Tentu saja setiap orang pernah sakit, namun bila terlalu sering mengalaminya, itu karena Anda tidak mendapatkan kebutuhan yang memang Anda perlukan. Seperti tidak cukup tidur, makan makanan sehat, dan waktu untuk rileks atau istirahat.
  3. Tak sabar dan mudah emosi. Ini adalah tanda-tanda yang paling mudah dikenali saat Anda sudah tak punya waktu lagi untuk diri sendiri.

 

Lalu bagaimana agar Anda bisa lebih memperhatikan diri sendiri?

  1. Biasakan untuk bilang TIDAK! Beri waktu pada diri sendiri untuk berpikir mana yang lebih penting. Bila memang hal tersebut masih bisa ditunda dan urusan Anda lebih penting, maka dahulukan yang memang terpenting. Misalnya, Si Kecil minta diantar beli mainan yang ia idamkan saat itu juga, padahal, Anda berencana untuk refleksi. Maka sebaiknya Anda tetap pada rencana Anda dan memundurkan jadwal mengantar Si Kecil.
  2. Ubah tugas menjadi bagian dari ‘me time’. Anda harus menyapu rumah, mencuci piring, dan membersihkan toilet. Itu adalah kewajiban Anda yang memang tak bisa diganggu gugat. Jadi, kenapa Anda tak membuat kewajiban Anda ini juga bisa dilakukan sambil melakukan ‘me time’?  Misalnya, mendengarkan musik adalah ‘me time’ Anda, Anda bisa kok melakukan tugas-tugas rumah tangga ini sambil mendengarkan musik favorit. Jadi, tugas selesai, Anda pun bisa sekaligus melakukan ‘me time’ Anda.
  3. Biarkan orang lain membantu. Hal lain yang menjadi alasan tak punya waktu untuk diri sendiri adalah karena Anda bersikeras ingin melakukan segalanya seorang diri. Padahal, Anda akan merasa sangat diringankan bila Anda, misalnya, minta bantuan suami  menggantikan Anda menyapu dan mengepel saat weekend, atau membuat aturan baru bagi Si Kecil. Biasakan agar mereka selalu membereskan mainannya sendiri setelah usai bermain ya, Mams, itu juga bisa meringankan Anda bukan?
  4. Berkencan lagi. Salah satu hal yang akan dapat merefresh Anda adalah dengan berkencan bersama suami. Jadwalkan setidaknya sebulan sekali untuk sekadar makan malam, atau menonton bioskop. (Tammy Febriani/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares