Health

Makanan Pemicu Kerusakan Gigi Si Kecil

By  | 

Agar kesehatan gigi Si Kecil senantiasa terjaga, Anda memang perlu membiasakan ia menyikat gigi setiap hari, pagi dan malam. Selain itu Anda juga perlu memperhatikan faktor pola makanannya, Mamas. Biasanya, makanan yang dapat merusak gigi Si Kecil adalah makanan yang sangat disukainya. Untuk itu, batasi makanan yang dapat memicu kerusakan gigi agar kesehatannya tetap terjaga. Makanan seperti apakah yang sebaiknya dihindari? Simak ulasan Smart Mama ya, Mams.

1. Variant rasa susu. Saat Si Kecil sudah tidak minum ASI, para orangtua biasanya memberinya susu formula. Namun kesalahan yang kerap terjadi adalah memberi susu dengan varian rasa berbeda. Mungkin salah satu alasan agar Si Kecil tidak rewel dan menyukai rasa lain. Padahal, sebenarnya susu dengan berbagai rasa seperti cokelat dan stroberi dapat mengganggu kesehatan gigi anak. Untuk itu lebih baik berikan susu formula dengan rasa plain saja ya.
2. Snack. Snack atau makanan ringan  juga jenis makanan yang dapat mengganggu kesehatan gigi. Kenapa?  Karena makanan ini sangat mudah terselip di gigi. Maka dari itu, segera bersihkan sudut-sudut gigi Si Kecil setiap selesai menghabiskan snacknya.
3. Permen. Semua anak pasti menyukai segala jenis permen ataupun makanan yang manis dan lengket. Namun makanan manis dan lengket sudah pasti dapat merusak gigi. Oleh karena itu, setelah Si Kecil makan permen mintalah ia berkumur dengan air hangat untuk menjaga kesehatan giginya.
4. Sereal dan roti. Ternyata, sereal dan roti merupakan makanan pengganggu kesehatan gigi. Dua jenis makanan ini mengandung karbohidrat kompleks yang memungkinkan bakteri berkembang biak. Agar kesehatan gigi tetap terjaga, batasi mengonsumsi dua makanan ini untuk anak Anda ya, Mams.
5. Makanan renyah. Selain makanan manis, Si Kecil pasti suka dengan makanan renyah dan gurih seperti keripik kentang dan sejenisnya. Makanan bertekstur renyah tersebut sebenarnya masuk dalam katagori makanan yang dapat merusak gigi. Makanan tersebut dapat masuk dalam celah gigi dan ketika membersihkan gigi kurang tepat atau tidak bersih akan menyebabkan pembusukan makanan dalam gigi yang membuat gigi anak menjadi lubang dan atau keropos. (Yosi Avianti/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares