Education

Aktivitas Edukatif untuk Si Kecil Selama Liburan

By  | 

Liburan memang saat paling menyenangkan untuk anak. Ketika masa libur, Si Kecil bebas bermain dan sedikit lebih leluasa untuk beristirahat serta tidak mengikuti rutinitas sehari-hari. Namun bukan berarti Si Kecil tidak melakukan aktivitas bermanfaat dan edukatif lho Mams. Manfaatkan waktu berlibur untuk menciptakan quality time sekaligus beraktivitas edukatif. Apa saja aktivitas edukatif yang bisa Anda lakukan bersama Sang Buah Hati?

  • Nonton film bersama. Selain memberikan hiburan dengan kisah lucu sekaligus menyentuh, sebuah film juga dapat mengajarkan anak berbagai hal. Mulai dari sejarah, sains, bahasa, hingga mempelajari ilmu kehidupan seperti norma sosial dan perilaku. Yuk manfaatkan liburan akhir tahun dengan nonton bersamanya, namun pastikan film yang Anda pilih betul-betul bermanfaat untuknya. (baca: 3 Film Edukatif dan Fun untuk Si Kecil).
  • Asah kemampuan musiknya. Bermain musik sekaligus menyanyi bukan hanya menyenangkan namun juga sangat bermanfaat. Si Kecil dapat menunjukkan bakatnya di bidang musik sekaligus mempertajam daya ingat. Bermusik tentu memerlukan ingatan yang tajam baik menghafal melodi maupin lirik lagu.
  • Memasak. Liburan saatnya mengajak Si Kecil ke dapur untuk mempersiapkan hidangan keluarga. Pilih menu yang ia sukai dan minta Si Kecil membantu Anda menimbang atau mengukur bahan makanan sambil memperkenalkan bahan apa saja yang Anda gunakan untuk membuat satu hidangan lezat.
  • Melukis dan mewarnai. Kegiatan satu ini juga kaya manfaat. Si Kecil dapat berekspresi dengan rasa seninya, juga mempelajari komposisi bentuk dan warna. Setelah selesai melukis bersama, jangan lupa memajang hasil lukisan tersebut di ruang keluarga atau di kamar Si Kecil.
  • Berolahraga. Lari pagi, berenang, atau menari bersama juga dapat dijadikan pilihan aktivitas edukatif. Saat liburan tentu saja Anda dan keluarga kerap mengonsumsi makanan enak dan tinggi kalori. Ada baiknya Anda membakar lemak dengan mengajak keluarga berolahraga. Pada kesempatan ini, Anda juga bisa sekaligus mengajarinya berhitung, misalnya menghitung pengulangan gerakan atau berapa lap Anda dan Si Kecil sudah melakukan aktivitas renang. (Karmenita Ridwan/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares