Education

Cara Fun Kenalkan Huruf dan Angka pada Balita

By  | 

Belajar mengenalkan huruf pada Si Kecil bisa Anda lakukan sejak dini, bahkan sebelum Anda memasukkan ia ke preschool. Tapi ingat, jangan paksa anak untuk cepat bisa dan mengerti. Ada beberapa cara menyenangkan yang bisa Anda terapkan, Mams, yaitu dengan beberapa permainan seperti ide Smart Mama berikut.

1. Permainan jari. Permainan adalah salah satu sarana untuk mengenalkan huruf dan angka pada anak. Salah satunya yaitu permainan jari. Letakan jari Anda di depan wajah Si Kecil lalu perkenalkan satu persatu angka menggunakan hitungan jari Anda di mulai dari angka 0 sampai 10. Lakukan secara berulang agar mudah diingatnya. Setelah itu ajak Si Kecil menunjuk jari satu persatu dengan menyebutkan angka yang telah Anda ucapkan.
2. Menggunakan kertas. Cara lain  mengenalkan huruf dan angka pada balita adalah menggunakan kertas karton. Tempelkan kertas pada dinding kemudian mulailah untuk menuliskan angka dan huruf satu per satu dengan ukuran cukup besar. Untuk pertama kali cukup menuliskan sebanyak lima huruf dan lima angka saja supaya Si Kecil tidak bosan. Lalu, sebutkan satu per satu huruf atau angka itu secara berulang dan biarkan Si Kecil mengikuti ucapan Anda.
3. Menggunakan kartu mainan. Anda bisa beli kartu mainan yang bertuliskan huruf dan angka. Biasanya satu kartu bertuliskan satu angka dan satu huruf. Untuk menarik minat Si Kecil,  belilah kartu mainan berkarakter tokoh kartun. Pertama-tama perkenalkan sebanyak lima angka atau huruf. Sebutkan satu per satu angka atau huruf sambil menunjukan kartu tersebut. Lakukan secara berulang agar Si Kecil lebih mudah mengingatnya.
4. Permainan bola. Jenis permainan ini hampir sama dengan permainan kartu. Anda bisa membeli bola kecil yang bertuliskan huruf dan angka. Biasanya bola adalah salah satu permainan yang disukai sehingga akan memudahkan Anda dalam mengenalkan huruf dan angka pada Si Kecil. Lakukan permainan ini sama halnya dengan permainan kartu ya, Mams. (Yosi Avianti/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares