Health

Trik Jaga Kesehatan Si Kecil Saat Berlibur ke Tempat Dingin

By  | 

Sebentar lagi Natal dan tahun baru pun tiba! Biasanya para mamas dan keluarga memanfaatkan momen ini untuk berlibur ke luar kota bahkan ke luar negeri. Tak sedikit juga keluarga yang menghabiskan liburan akhir tahun di negara dingin menikmati salju yang cantik. Namun Anda perlu berhati-hati dengan perubahan cuaca ekstrim yang dirasakan Si Kecil karena dapat menimbulkan penyakit yang tentunya membuat keceriaan liburan menjadi berkurang. Untuk mencegahnya, yuk simak Smart Mama trik berikut.

  • Pilih winter coat yang tepat. Jangan tergoda membeli coat dengan size yang lebih besar agar tahun depan dapat digunakan lagi ya, Mams. Pasalnya coat yang terlalu besar akan terasa tidak nyaman bagi Si Kecil. Namun pastikan coat itu tak terlalu ketat baginya agar ia masih bisa menggunakan sweater di balik coat tersebut. Sebaiknya, Anda membawa dua coat, satu yang heavy satu lagi yang lebih ringan, in case cuaca berubah jadi sedikit lebih hangat.
  • Jangan lupa perlengkapan lain. Selain coat tentu saja Si Kecil¬†butuh boots, sarung tangan, dan topi. Pilih perlengkapan yang sesuai dengan cuaca di negara tujuan. Jika sangat dingin Anda dapat memilih yang sangat hangat misalnya berbahan kulit dengan lapisan bulu tebal di dalam sepatu, begitu juga dengan sarung tangan dan topi.
  • Perhatikan asupan Si Kecil. Hindari telat makan dan siapkan makanan hangat. Berhubung Si Kecil berasal dari negara tropis tentunya ia membutuhkan makanan super hangat seperti sup atau bubur saat berada di negara dingin. Pastikan perutnya tak pernah kosong. Jangan lupa juga perbanyak konsumsi air putih dan serat ya Mams.
  • Bawa pelembap khusus anak. Cuaca dingin yang ekstrem menyebabkan kulit Si Kecil menjadi sangat kering. Hindari hal tersebut dengan membubuhkan lipbalm khusus anak pada bibirnya serta losion yang kadar pelembapnya tinggi pada tubuhnya.
  • Buat itinerary yang realistis. Memang sih rasanya sayang ya jika sudah sampai di negara tujuan namun Anda tidak mengunjungi berbagai tujuan wisata secara maksimal. Tetapi Mams, ingat Anda bepergian bersama Si Kecil yang kemungkinan fisiknya tak sekuat Anda. Oleh karena itu, atur perjalanan Anda dengan realistis, misalnya satu hari hanya mengunjungi dua tempat saja agar waktu istirahat Si Kecil tetap maksimal.
  • Bawa stroller ringan. Stroller akan mempermudah Anda jika Si Kecil lelah atau tertidur. Berjalan di area yang sangat dingin lekas membuatnya merasa lelah, memaksanya terus-terusan berjalan kaki akan membuatnya kelelahan. Dan jika Anda harus menggendong tubuhnya yang terbungkus coat tentunya sangat berat.
    Happy holiday, Mamas! (Karmenita Ridwan/LD/Photo: Istockphoto.com)

 

Shares