Health

Ingin Menggunakan Lensa Kontak? Pelajari Hal Berikut

By  | 

Ada yang memiliki mata minus,plus, atau silinder pasti akrab dengan kacamata atau lensa kontak. Nah, banyak wanita lebih suka menggunakan lensa kontak dibanding kacamata. Apa pun alasannya, jika Anda merupakan pengguna lensa kontak, Mamas, sebaiknya memahami hal berikut:

1. Hati-hati saat menyentuh lensa kontak. Jika Anda tidak berhati-hati  menyentuh lensa kontak, bisa saja akan timbul infeksi dan iritasi pada mata Anda. Oleh karena itu, mencuci tangan adalah hal yang wajib dilakukan. Juga, rajinlah menggunting kuku agar tidak menggores lensa kontak.

2. Jangan gunakan terlalu lama. Ini karena pemakaian lensa kontak yang terlalu lama akan menghambat oksigen pada bola mata. Bila digunakan semalaman atau lebih lama dari waktu yang disarankan, maka akan meningkatkan risiko terjadinya masalah mata, salah satunya luka di kornea.

3. Cairan khusus kontak lensa. Cairan untuk lensa kontak mempunyai banyak jenis, ada yang untuk membilas, membersihkan, mematikan kuman, dan memberi cairan pada bola mata. Sebaiknya Anda jangan mengganti merek cairan pencuci untuk lensa kontak yang sama untuk menghindari iritasi pada mata.

4. Saat mata terlalu kering. Kontak lensa melapisi bola mata dan menghambat oksigen, hal ini mengakibatkan mata cenderung kering. Mata kering ini akan bertambah parah di situasi tertentu, misalnya saat Anda berada di dalam pesawat, saat minum obat antialergi, atau setelah minum minuman beralkohol. Sebaiknya selalu membawa obat tetes mata yang sesuai kondisi guna membasahi mata sewaktu-waktu. (Yosi Avianti/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares