Interior Design

Tip Menyusun Buku dalam Rak

By  | 

Bagi pecinta buku, tentunya buku-buku koleksi Anda saat ini telah memenuhi rak buku di kediaman Anda, ya? Banyaknya jumlah buku yang semakin memenuhi rak ini, seringkali menyulitkan Anda saat mencarinya kembali bila tak disusun dengan baik. Berikut tip dari Smart Mama agar susunan buku dalam rak terlihat rapi dan mudah dicari.

  • Klasifikasikan buku. Agar rapi, Anda bisa menyusun buku yang telah dikelompokkan. Pengelompokan bisa dilakukan berdasarkan judul, tema, tinggi buku, sampul, atau pengelompokan sesuai selera. Misalnya, Anda ingin mengelompokkan berdasarkan jenis buku, kumpulan koleksi buku ensiklopedia bisa Anda letakkan di rak bagian bawah, dan buku-buku biography bisa diletakkan di bagian atas. Pengelompokan jenis buku ini akan memudahkan Anda saat mencari. Selain berdasarkan jenis buku, Anda juga bisa menyimpan buku dalam rak berdasarkan pengelompokan warna sampul buku. Buku bersampul biru bisa diletakkan sebelah kanan, dan buku bersampul kuning bisa disusun di bagian kiri rak buku. Pengelompokan berdasarkan warna, akan mempercantik tampilan rak buku Anda juga lho.

rak buku

  • Variasikan letak. Setelah dikelompokkan, Anda bisa variasikan peletakannya. Misalnya, kumpulan buku warna biru Anda letakkan secara horizontal di bagian kiri rak buku, dan untuk kelompok buku warna kuning, bisa Anda letakkan di sebelah kanan rak dengan dijejer vertikal. Penempatan buku seperti ini bisa memuat banyak ruang sekaligus membuat rak buku Anda tampil berbeda.

29-Cool-Built-In-Bookshelves-Ideas-With-grey-wooden-bookshelves-and-sofa-pillow-chair-and-candle-lantern-and-brown-rug-and-wooden-floor

  • Beri pembatas. Setelah semua buku tersusun, Anda bisa meletakkan benda-benda favorit di antaranya. Benda-benda seperti bingkai foto, atau pajangan lainnya ini berfungsi sebagai pembatas antar jenis buku. Selain itu, guna pembatas juga bisa untuk mempercantik rak buku Anda sehingga tidak lagi terlihat monoton dengan hanya bertumpuk deret begitu saja.

 

Trik:

  • Sebaiknya hindari penyusunan buku secara ditumpuk untuk mencegah buku pada susunan paling bawah menjadi rusak dan berdebu.
  • Saat penyimpanan dalam rak, pisahkan buku hardcover dan softcover. Bila disatukan, dikhawatirkan akan membuat buku softcover mudah terlipat.
  • Beri jarak sekitar 1 cm antara dinding dan rak buku, ini untuk menghindari buku mudah lembap dan kemudian rusak karena menempel ke dinding. (Tammy Febriani/LD/Photo:¬†Various)

Shares