Mind

Q&A: Canggung Memulai Perbincangan dengan Orang Baru  

By  | 

Seringkali saat berada di lingkungan baru dengan suasana asing dan orang tak dikenal sebelumnya, memang akan membuat kita kurang nyaman. Mau berbincang pun bingung harus dimulai dari mana. Jangan khawatir Mams, coba beberapa trik dari Smart Mama berikut.

  1. Buka perbincangan dengan kalimat positif, misalnya, “Saya suka sekali warna blouse Anda, model dan warnanya pas sekali buat Anda”. Atau Anda juga bisa memilih topik menarik lawan bicara, misalnya jika ternyata kemudian Anda mengetahui kalau teman baru ini menyukai traveling, Anda bisa mengangkat tema destinasi liburan seru yang pernah ia kunjungi. Siapa tahu dari perbincangan singkat ini Anda jadi terinspirasi untuk berlibur. Perbincangan pun bisa berlanjut ke tema lain.
  2. Ciptakan perbincangan dua arah. Cobalah  memancing pertanyaan sederhana dari topik pembicaraan yang sedang ia bicarakan. Daripada hanya diam dan mendengarkan, respons seperti ini  akan membuat lawan bicara semakin nyaman karena Anda menciptakan percakapan dua arah yang dinamis.
  3. Jaga bahasa tubuh. Tak hanya kata-kata yang keluar dari bibir Anda, tubuh juga memiliki bahasa tersendiri. Buatlah tubuh serileks dan senatural mungkin. Tunjukan bahwa Anda memang tertarik dengan perbincangan ini. Hindari melipat tangan di dada, menopang dagu, dan terlalu sering mengalihkan pandangan ke sekitar ataupun jam tangan. Karena ketiga sikap tersebut mampu menjelaskan jika Anda sesungguhnya malas dengan perbincangan ini. (Tammy Febriani/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares