Finance

9 Manfaat Positif Kartu Kredit

By  | 

Kartu kredit yang Anda miliki tak hanya berguna sebagai sarana melakukan pembelian barang  bermetode pembayaran kredit saja lho, Mams. Tapi masih banyak manfaat lain yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan kartu kredit. Berikut manfaat positif yang bisa Anda peroleh dari kartu kredit:

  1. Praktis. Dengan memiliki kartu kredit, Anda tidak perlu repot lagi bawa uang tunai. Anda bisa gunakan kartu kredit untuk membayar berbagai transaksi. Mau belanja atau pun membayar tagihan bulanan, bisa dilakukan dengan kartu kredit tanpa ke mana-mana harus membawa uang tunai, sehingga lebih aman.
  2. Mudah belanja online. Kalau suka belanja online, memiliki kartu kredit akan membuat Anda lebih mudah melakukannya. Semua situs belanja online besar menawarkan pembayaran kartu kredit. Jadi Anda bisa membeli barang di internet dari negara manapun dan membayarnya dengan kartu kredit Anda.
  3. Memudahkan menyiapkan perjalanan. Anda juga bisa manfaatkan kartu kredit untuk memesan tiket pesawat ataupun melakukan booking hotel. Beberapa bank penerbit bahkan kerap memiliki program travel fair, sehingga Anda bisa mendapatkan diskon atau promo lainnya yang menggiurkan.
  4. Rewards. Penerbit kartu kredit biasanya memberikan banyak reward bagi pengguna kartu kreditnya. Seperti hadiah langsung, cashback, hingga reward point yang bisa ditukarkan dengan produk tertentu.
  5. Tanpa bunga. Seringkali bank penerbit kartu kredit memberikan promo cicilan dengan bunga 0 persen lho, Mams. Menarik bukan?
  6. Pengeluaran tercatat. Memiliki kartu kredit membuat pengeluaran tercatat lebih baik. Karena Anda akan diberi laporan bulanan yang berisi penggunaan kartu kredit Anda.
  7. Dana darurat. Saat keluarga atau bahkan Anda sendiri masuk rumah sakit, kartu kredit bisa berfungsi sebagai simpanan darurat Anda.
  8. Membantu proses pengajuan kredit. Memiliki kartu kredit juga membuat Anda memiliki daya tawar lebih tinggi. Misalkan Anda ingin mengajukan pinjaman ke bank. Dengan skor kredit yang baik yang Anda miliki, Anda bisa bernegosiasi dengan bank. Anda bisa minta misalnya bunga lebih rendah atau plafon kredit lebih besar. Skor kredit Anda menjadi salah satu pertimbangan penting bagi kreditur untuk mengucurkan pinjaman.
  9. Lebih mudah saat berada di luar negeri. Saat Anda di luar negeri, Anda akan merasakan sekali manfaat kartu kredit. Anda bisa membayar kebutuhan yang Anda perlukan saat berada di luar negeri cukup dengan kartu kredit. (Tammy Febriani/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares