Parenting

5 Cara Ajari Anak Menerima Kekalahan

By  | 

Mengalami kekalahan dalam suatu pertandingan memang tidak enak, apalagi bagi Si Kecil, terkadang ia terus bertanya pada dirinya sendiri mengapa ia bisa kalah. Namun sebenarnya, di sisi lain, kekalahan juga dapat mengajarkan anak bersikap sportif serta memberikan pelajaran tentang hidup. Nah agar Si Kecil dapat menerima kekalahan dengan lapang dada, simak caranya!

  1. Berikan contoh. Bahkan seorang public figure pun pernah mengalami kegagalan, mereka dapat menjadi contoh bagi Anda untuk memberi pengertian bahwa kekalahan adalah hal wajar dan bukan akhir dari segalanya. Untuk mencapai sebuah kesuksesan memang dibutuhkan banyak pengorbanan.
  2. Sediakan waktu baginya untuk cool down. Setelah ia mengalami kekalahan, Anda tak perlu membicarakan seputar pertandingan atau kompetisi selama beberapa waktu agar ia dapat cooling down terlebih dahulu. Obrolan seputar hal tersebut membuatnya terus menerus mengingat tentang kekalahannya.
  3. Bersikap positif. Tak perlu menunjukkan rasa kecewa Anda padanya, hal tersebut membuatnya semakin merasa terpuruk dan sedih. Jika Anda ingin ia menerima kekalahan dengan lapang dada, Anda sendiri juga harus menunjukkan sikap sama. Tunjukkan padanya bahwa Anda masih tetap bangga pada Si Kecil sehingga ia merasa terhibur dan tidak kecewa berkelanjutan.
  4. Evaluasi. Setelah ia cooling down, tak ada salahnya mengevaluasi kekalahan Si Kecil dan berdiskusi dengannya. Tanyakan apa yang ia rasakan saat berada di tengah kompetisi, apakah ia merasa tegang, atau kurang persiapan. Evaluasi juga saingannya dalam kompetisi tersebut, serta mempelajari sistem penyelenggaraan kompetisi secara detail sehingga di lain waktu, Si Kecil akan siap.
  5. Berikan semangat. Memberikan Si Kecil motivasi positif akan jauh lebih berharga daripada mencari kesalahannya terus menerus. Tanamkan semangat positif dan sportif dalam dirinya, sehingga ia bersemangat kembali agar menang di kompetisi berikutnya. Jangan sampai ia kehilangan gairah karena kegagalan tersebut.“Sometimes by losing a battle you find a new way to win the war.” – Donald Trump. (Karmenita Ridwan/LD/Photo: istockphoto.com)

Shares