Pleasure

Berwisata Sejarah di Kota Tua

By  | 

Pernahkah Anda mengajak Si Kecil berwisata sejarah di kawasan Kota Tua, Jakarta Barat, Mams? Jika belum, yuk, agendakan tempat ini sebagai tujuan wisata Anda untuk menghabiskan akhir pekan atau libur nasional mendatang. Si Kecil pasti bersemangat mendapat pengetahuan baru seputar daerah yang belum pernah ia kunjungi ini.  Selain menelusuri tempat-tempat historis, wisata Kota Tua juga menyuguhkan aneka sajian kuliner yang dapat Anda nikmati. Anda bisa nongkrong dan berkumpul bersama keluarga menikmati sajian yang disediakan di kafe-kafe di sana. Berikut, adalah beberapa tempat rekomendasi Smart Mama yang bisa Anda kunjungi bersama Si Kecil.

1. Museum Fatahillah
Merupakan museum yang tak terpisahkan dari riwayat Jakarta, sehingga dinamakan Museum Sejarah Jakarta, atau  Museum Batavia. Dulu museum ini berfungsi sebagai balai kota, penjara bawah tanah, dan ruang pengadilan. Di sana tersedia sekitar 25.000 koleksi benda bersejarah, diantaranya prasasti, patung dewa-dewi, meriam, dan masih banyak benda bersejarah lainnya.
2. Toko Merah
Toko Merah merupakan rumah dari Baron Van Imhoff, seorang Gubernur Jenderal VOC yang juga pendiri Istana Bogor. Ketika Anda mengunjungi tempat wisata satu ini, Anda akan disuguhkan dengan keaslian bagian dalam dari bangunan Toko Merah ini. Namun jika Anda ingin masuk harus mengurus terlebih dahulu perizinan, karena Toko Merah tidak terbuka untuk umum.

3.Wisata-Misterius-Toko-Merah-Jakarta.2
3. Museum Seni Rupa dan Keramik
Di dalam Museum ini, Anda dapat menyaksikan 350 lukisan dan 1350 jenis keramik, baik dari nusantara, Asia, hingga Eropa. Lokasi Museum Seni Rupa dan Keramik terletak di jantung kawasan wisata Kota Tua. Museum ini terbuka untuk publik sehingga Anda bisa masuk dan mempelajari berbagai jenis keramik yang ada.

305077_museum-seni-rupa-dan-keramik_663_373
4. Museum Bank Indonesia
Merupakan salah satu bangunan yang dulunya merupakan rumah sakit dan dialihfungsikan sebagai bank, yang menjadi pusat perekonomian yang ada di Indonesia. Museum ini terbuka untuk umum.
5. Pelabuhan Sunda Kelapa
Lanjutkan perjalanan Anda menuju Pelabuhan Sunda Kelapa yang merupakan salah satu pelabuhan yang telah menghubungkan Indonesia dengan dunia luar. Pelabuhan ini adalah tempat persinggahan banyak kapal mancanegara yang datang untuk perdagangan. Pelabuhan ini bahkan sudah ada sebelum kota Jakarta ada. Sayang sekali untuk dilewatkan bukan? (Yosi Avianti/LD/Photo: Various)

Shares