Mind

Ingin Solo Traveling? Ini 5 Tip untuk Anda

By  | 

Jika Anda bosan dengan ‘me time’ yang sudah biasa seperti membaca, menonton film, atau pergi ke salon, mengapa tidak coba ‘me time’ dengan solo traveling? ‘Me time’ ini memiliki banyak kegunaan positif lho, Mamas (baca: Manfaat Me Time dengan Solo Traveling). Tidak yakin Anda sanggup melakukannya? Simak lima tip Smart Mama untuk Anda yang ingin melakukan solo traveling.

1. Terpenting, tentukan destinasi wisata Anda dengan cermat. Sebelum membeli tiket pesawat atau tiket armada lain yang akan dipilih, tentukan dulu negara atau kota yang akan jadi tujuan perjalanan Anda, ya, Mams. Karena Anda seorang diri, pilih daerah yang aman dikunjungi seperti kota-kota besar dunia semacam Paris, London, Milan, New York, Chicago, atau San Fransisco. Di kota-kota ini pula banyak pilihan untuk Anda jika ingin menggunakan fasilitas transportasi umum yang aman dan nyaman.

2. Bawa peta atau guide book untuk solo traveler. Benda ini wajib masuk dalam tas tangan Anda lho. Mams. Selain meminimalisasi Anda dari kemungkinan ‘tersasar’ di sebuah tempat, buku petunjuk ini juga berisi alamat restoran, tujuan wisata, daftar akomodasi dan transportasi yang bisa dipilih sesuai keinginan dan budget yang Anda punya.

3. Berhati-hati terhadap orang asing. Bepergian seorang diri memang membuka kesempatan Anda untuk berkenalan dengan banyak orang baru. Tapi, ingat ya,Mamas, status Anda sudah tidak single lagi. Sebaiknya jangan terlibat pembicaraan terlalu jauh dengan lawan jenis ya. Apalagi sampai mengajak ia mampir ke hotel atau tempat penginapan Anda. Sekalipun ia mungkin terlihat orang baik, Anda tetap harus waspada lho.

4. Percaya pada intuisi Anda. Smart Mama percaya, setiap orang punya intuisi tersendiri tentang suatu hal. Nah hal ini sangat penting untuk Anda andalkan saat menjalani solo traveling. Bila Anda tengah mendatangi sebuah tempat atau bercakap-cakap dengan orang baru namun feeling Anda mengatakan ada sesuatu yang tidak enak, segera tinggalkan tempat itu secepat mungkin ya. Anda tidak pernah tahu bahwa siapa tau orang itu berniat jahat pada Anda,atau di tempat tersebut memang rawan kejahatan.

5. Berlaku seperti orang lokal. Agar Anda lebih menikmati perjalanan wisata ini dengan lebih maksimal, tak ada salahnya Anda berlagak layaknya penduduk lokal setempat. Mulai dari gaya berbusana, gaya berbicara, atau pun pilihan tempat makan atau tempat wisata yang memang merupakan ciri khas daerah tersebut. Pasti seru dan menyenangkan deh, Mams! (Lenny Delima/Photo: Istockphoto.com)

Shares