Interior Design

4 Cara Hilangkan Noda Tinta pada Furnitur Berbahan Kulit

By  | 

Pasti Anda merasa kesal saat mengetahui sofa atau perabotan rumah kesayangan yang berbahan kulit terkena noda tinta. Membawanya ke tempat servis sofa mungkin bisa jadi salah satu solusinya. Tapi sebetulnya Anda juga bisa lho, Mams, membersihkannya sendiri. Ingin mencobanya? Berikut Smart Mama berikan empat cara yang bisa Anda lakukan untuk membersihkan noda tinta pada perabot, dikutip dari situs Howstuffworks dan ehow.

Cara 1: Jika noda tinta baru saja tumpah, segera seka tinta yang masih basah dengan tisu atau handuk kering, usahakan noda tinta tidak menyebar luas. Kemudian, campurkan sabun mandi cair dan air. Gunakan campuran larutan tadi untuk membersihkan sisa noda yang belum hilang.

Cara 2: Basahi kapas dengan alkohol, lalu gosokkan pada bagian yang terkena tinta. Kemudian, segera keringkan dengan hair dryer agar alkohol menguap bersama tinta.

Cara 3: Anda bisa menghunakan hairspray untuk ‘melunakkan’ noda tinta. Ini berguna agar noda tinta lebih mudah dibersihkan. Semprotkan harispray ke noda, lalu segera gosok dengan kain kering. Kemudian bersihkan menggunakan campuran sabun mandi dan air.

Cara 4: Campur 1/4 cangkir garam, 3/4 cangkir air, 2 sendok teh baking soda, dan 1 sendok teh tepung. Kemudian, aduk larutan hingga menjadi pasta. Lalu gunakan pasta tersebut pada noda, dengan cara menggosoknya dengan kain katun.

Tip: 
Satu hal terpenting yang harus selalu diingat, segera bersihkan noda tinta. Semakin cepat, akan semakin mudah membersihkannya. Dan semakin lama dibiarkan, noda tinta juga akan semakin sulit dihilangkan. Selamat mencoba, Mams! (Tammy Febriani/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares