Career

Tip Bisnis yang Inspiratif dari Mark Zuckerberg

By  | 

Jika biasanya kita mendengar nasihat bisnis dari para Smart Mama, kali ini tak ada salahnya jika kita menyimak tip sukses berbisnis dari calon papa yang juga founder dan CEO dari jejaring sosial Facebook, Mark Zuckerberg. Siapa tahu dapat dijadikan inspirasi bagi Anda yang ingin menjajaki sebuah bisnis.

  1. Jangan ragu membuat sesuatu yang baru. Jika feeling Anda sangat kuat terhadap suatu bidang, jangan pernah takut memulai bisnis di bidang tersebut. Meskipun orang-orang di sekeliling Anda tidak menyetujuinya. Dalam berbisnis intuisi sangat berperan penting, oleh karena itu tak perlu ragu memulai bisnis jika feeling Anda sangat kuat ya, Mams.
  2. Pekerjakan orang-orang yang berpikir seperti pengusaha. Anda bisa saja mempekerjakan orang yang ahli di bidangnya, namun jika mereka tidak berpikir seperti pengusaha, maka perusahaan yang Anda bangun akan stagnan. Lebih baik Anda merekrut orang yang pernah punya usaha sehingga ia akan berusaha keras memajukan perusahaan Anda.
  3. Hargai ide karyawan. Secara berkala Anda harus membiarkan karyawan untuk memiliki kreativitas sendiri di bidangnya masing-masing. Anda akan terkejut dengan ide kreatif dan inovatif yang mereka miliki.
  4. Jangan pernah berhenti belajar. Yang satu ini sangat penting lho Mams, apapun bisnis yang tengah dibangun, Anda harus tetap mempelajari perkembangan ilmu yang sedang berlangsung di dunia serta tren pasar yang berlaku. Hal ini berguna untuk memperluas jaringan bisnis Anda.
  5. Rekrut orang yang memiliki passion di bidang bisnis Anda. Merekrut pekerja tidak hanya dinilai dari keahlian serta pengalaman saja, Anda juga harus mengetahui seberapa besar passion-nya terhadap perusahaan yang Anda bangun. Pekerja yang memiliki passion tinggi akan jauh lebih produktif. (Karmenita Ridwan/LD/Photo: Various)

Shares