Health

Makanan Terbaik Saat Menstruasi

By  | 

Saat menstruasi ataupun di masa sebelum menstruasi (PMS), Anda tentu akan mengalami hal ‘kurang menyenangkan’, ya, Mams, Mulai dari perut kram, ingin makan ini-itu, mood swing, payudara sakit, hingga punggung dan pinggang super pegal. Tapi, tahukah Anda Mamas, bahwa hal-hal tersebut bisa diminimalisasi dengan mengonsumsi makanan tertentu, yang ternyata diperlukan tubuh di masa seperti ini? Ini dia makanan yang baik untuk Anda konsumsi saat dan sebelum ‘Si Tamu Bulanan’ hadir.

1. Salmon : Asam lemak omega 3
Salmon dan beragam jenis ikan lain yang kaya akan asam lemak omega 3, ternyata tak hanya baik untuk jantung Anda, tapi juga mengatasi masalah menstruasi, lho. Sebuah penelitian yang dilakukan beberapa tahun lalu yang dipublikasi di jurnal Obstetricians and Gynecology menemukan bahwa wanita yang mengonsumsi 6 gr minyak ikan setiap hari akan berisiko mengalami sakit menstruasi lebih kecil dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsinya.

2. Brokoli : Serat tinggi
Sayuran hijau ini kaya akan kandungan serat yang bisa meringankan perut yang kembung atau begah, yang lazim terjadi saat Anda haid. Brokoli juga mengandung kalsium, vitamin A, C, B6, dan E, potasium, serta magnesium.

3. Pisang dan biji labu : Magnesium
Biji labu dan pisang merupakan makanan yang tinggi magnesium yang bisa membantu mengatasi mood swing alias mood yang berubah-ubah di masa PMS atau saat menstruasi. Magnesium juga berperan penting untuk membantu tidur lebih nyenyak walaupun tubuh Anda tengah pegal.

4. Kinoa: Vitamin B
Kinoa akhir-akhir ini memang cukup populer di kalangan para pelaku diet. Makanan pengganti nasi ini memang memiliki kandungan serat dua kali lebih banyak daripada padi-padian lain. Karbohidrat kompleks, vitamin B12, dan zat besi dalam kinoa bisa membantu atas mood swing dan meningkatkan energi ketika tubuh lemas.

5. Susu rendah lemak dan telur: Kalsium dan Vitamin D
Kalsium dan vitamin D juga merupakan zat gizi yang berperan penting dalam mengurangi gejala PMS. Keduanya bisa membuat otot tubuh lebih relaks sehingga membantu meminimalisasi pinggang dan punggung yang kerap sakit ketika Anda haid. (Lenny Delima/Photo: Istockphoto.com)

 

Shares