Career

Bahaya Terlalu Banyak Duduk pada Ibu Hamil Bekerja

By  | 

Saat hamil, tentu Anda harus menjaga kesehatan diri maupun janin dalam kandungan.
Asupan bernutrisi dan giat beraktivitas turut berperan bagi kesehatan Anda dan janin. Jadi, bagi ibu hamil bekerja yang waktunya lebih banyak digunakan untuk duduk, sebaiknya berhati-hati ya.

Walau nampaknya duduk bukanlah kegiatan  membahayakan, namun menurut penelitian, jika Anda melakukannya terlalu lama, maka duduk memiliki andil pada kesehatan kehamilan. Penelitian yang dilakukan Nithya Sukumar, M.D., clinical research fellow, metabolic and vascular health dari Warwick Medical School, University of Warwick menemukan banyak wanita hamil yang mengalami depresi karena terlalu lama duduk di trimester kedua kehamilannya, dan itu berisiko buruk bagi kesehatan kandungannya.

Dalam penelitiannya, Dr. sukumar dan tim juga mendapati bahwa terlalu lama duduk juga memengaruhi kenaikan berat badan Si Calon Mama yang berujung pada diabetes gestasional yang meningkatkan risiko munculnya berbagai komplikasi pada ibu dan janin.

“Dengan dibuatnya peraturan kesehatan bagi ibu hamil yang menyebutkan agar calon mama tak terus menerus duduk, saya rasa dapat menyemangati para calon mama untuk lebih banyak bergerak selama hamil. Kami percaya bahwa hal ini dapat mengurangi risiko calon mama mengalami diabetes gestasional dan gangguan metabolisme pada newborn,” jelas Ponnusamy Saravanan, M.D., salah satu peneliti yang turut terlibat dalam penelitian.

Sedangkan hasil penelitian Tanya Sorensen, M.D., maternal field medicine physician di Swedish Medical Center yang berlokasi di Seattle, menemukan adanya hubungan antara aktivitas fisik yang dilakukan ibu hamil dengan diabetes gestasional dan hipertensi.

Dr. Sorensen juga menambahkan, bahwa aktivitas fisik sangatlah penting dilakukan oleh ibu hamil. “Ibu hamil bekerja yang banyak menghabiskan waktu dengan duduk di balik meja, sebaiknya sesekali dapat berdiri dan melakukan aktivitas fisik seperti berjalan-jalan, naik turun tangga di kantor, atau melakukan treadmill dan berenang di luar jam kerja. Beristirahat sejenak di sela-sela sebelum istirahat makan siang atau pada sore hari, serta bolak-balik ke toilet sangat membantu Anda untuk melakukan kegiatan fisik,” ujarnya.

Selain itu, risiko varises dan pembekuan darah juga rentan dialami para mams to be yang sering menghabiskan waktu kerjanya di kantor dengan duduk. Jadi, hindari berbagai komplikasi diatas dengan banyak beraktivitas ya, Mams, demi kesehatan Anda dan Si Kecil. (Tammy Febriani/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares