Finance

Trik Belanja Cerdas di Tengah Serbuan Diskon

By  | 

Menjelang akhir tahun, biasanya banyak pusat perbelanjaan yang memiliki program sale besar-besaran. Mulai dari barang fashion, elektronik, hingga kebutuhan rumah tangga. Menghadapi pesta diskon yang menggiurkan ini, tentunya Anda harus tetap cerdas ya, Mams. Hanya karena tergiur potongan harga, jangan sampai Anda jadi ‘bangkrut’. Belanjalah dengan hati-hati, pastikan barang yang Anda beli memang Anda butuhkan. Berikut tip belanja cerdas di tengah pesta diskon dari Smart Mama.

  1. Perhatikan harga awal. Biasanya harga awal sebelum diskon dan setelah diskon akan tertera di price tag sebagai pembanding bagi Anda untuk melihat besarnya diskon yang diberikan. Misalkan harga jumpsuit incaran dengan harga asli Rp 1.500.000 didiskon jadi Rp 980.000. Hmmm.., lumayan juga diskonnya ya, Mams. Tapi tunggu dulu, jangan langsung tergiur. Pikirkan dulu apakah Anda memang benar-benar memakainya. Dan coba cari brand lain yang menawarkan jumpsuit serupa, apakah harganya lebih tinggi, setara, atau lebih murah? Bila memang harganya setara, berarti diskon yang diberikan tak lagi jadi menggiurkan kan Moms, karena saat diskon, kadangkala para penjual menaikkan dulu harga barangnya agar diskon terlihat sangat besar.
  2. Hati-hati memilih barang. Saat musim diskon, banyak penjual bermain curang dengan mencampur barang dalam kondisi baik dengan yang rusak. Kerusakannya mungkin sangat kecil hingga kemungkinan tak terlihat oleh Anda. Seperti misalnya benang yang ketarik, atau sedikit lubang pada bagian lengan. Jadi hati-hatilah dalam memilah barang, karena sebagian besar toko memiliki aturan bahwa barang yang sudah dibeli tidak dapat dikembalikan.
  3. Sediakan banyak waktu. Belanja musim diskon membutuhkan energi ekstra dan waktu luang. Pasalnya, para pemilik toko biasanya menyatukan seluruh barang diskon di rak-rak tanpa terorganisir dan kategorisasi. Semua ditumpuk jadi satu hingga menggunung. Anda tentu memerlukan banyak energi untuk membongkar semua rak agar bisa menemukan barang yang Anda sukai dan butuhkan. Jangan pernah berbelanja dengan terburu-buru.
  4. Tentukan budget. Sebagian besar barang yang dijual saat ada diskon cenderung murah. Potongan harga bisa jadi membuat Anda tidak berpikir panjang dalam membeli barang. Alhasil, ada banyak barang yang tidak Anda butuhkan `nangkring`di keranjang belanjaan Anda dan siap-siap membuat Anda mengeluarkan uang lebih banyak.Jadi sebelum berbelanja, tetapkan anggaran belanja dan tuliskan barang apa saja yang akan Anda beli dalam satu daftar belanjaan. Berpeganglah pada budget yang sudah dibuat ya, Mams.
  5. Jangan membeli barang dari satu tempat. Menjelang musim diskon, ada banyak toko dan mal yang memberi diskon secara bersamaan. Itu berarti Anda memiliki banyak pilihan. Jangan habiskan uang di satu toko karena Anda akan menyesal jika menemukan barang yang sama di toko lain dengan harga lebih murah. Kunjungi beberapa toko, lalu tentukan barang yang dijual di toko mana yang paling Anda sukai dan harganya sesuai budget
  6. Apakah barang tersebut memang dibutuhkan. Salah satu pertanyaan terbaik bagi diri sendiri saat akan membeli barang diskon adalah “Apakah saya sangat menyukai barang ini sehingga sebenarnya saya akan membelinya, bahkan dengan harga penuh?” Jika jawabannya iya, maka Anda bisa langsung membelinya. Pertanyaan ini akan membantu Anda membedakan antara membeli sesuatu hanya karena harganya diskon atau membeli sesuatu karena Anda memang menyukai dan membutuhkannya. (Tammy Febriani/LD/photo: Istockphoto.com) 

Shares