Parenting

5 Alasan Anda Harus Minta Maaf pada Anak

By  | 

Tidak ada orangtua yang sempurna lho Mams, pasti sesekali Anda juga pernah berbuat salah terhadap Si Kecil. Sayangnya banyak mamas yang merasa tak perlu minta maaf karena menganggap dirinya lebih superior dari Sang Anak. Padahal sebagai sesama manusia entah lebih muda maupun tidak Anda wajib lho meminta maaf saat melakukan kesalahan. Berikut lima alasan mengapa Anda harus minta maaf pada Si Kecil.

  1. Minta maaf adalah hal yang natural. Tidak ada manusia yang luput dari kesalahan, oleh karena itu meminta maaf adalah hal wajar. Yang harus Anda sadari adalah siapapun orangnya, semuda apapun, sekecil apapun orang yang Anda hadapi, jika Anda berbuat salah wajib meminta maaf.
  2. Role model bagi anak. Orangtua adalah role model bagi anak, jika Anda enggan minta maaf padanya kemungkinan ia akan melakukan hal sama. Bukan hanya terhadap Anda, dengan teman dan saudaranya pun ia merasa tidak perlu meminta maaf ketika berbuat kesalahan.
  3. Meminta maaf bukan berarti kehilangan wibawa. Bisa jadi para orangtua enggan meminta maaf pada anak karena khawatir wibawanya akan berkurang dihadapan Si Kecil. Padahal Anda juga tidak perlu memohon-mohon sampai kehilangan wibawa lho. Anda hanya cukup minta maaf secara normal sesuai kesalahan Anda. Dan ingat Mams, meminta maaf tidak perlu diikuti dengan kata tetapi..
  4. Meminta maaf menanamkan jiwa hormat. Anda tentu ingin memiliki anak yang sopan dan menghormati orang lain. Well Mams, hal tersebut harus dimulai dari rumah dan sejak kecil. Bisa diawali dengan saling meminta maaf ke anggota keluarga jika ada yang bersalah.
  5. Minta maaf membuat Anda merasa lebih baik. Sejak menjadi mama, saya menyadari banyak sekali kesalahan yang saya lakukan padanya. Saya kerap lupa jadwal ekstra kurikulernya atau sulit membendung emosi. Dengan meminta maaf saya merasa lega dan berusaha lebih fokus dalam mengurus Si Kecil. (Karmenita Ridwan/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares