Pleasure

Tip Menghibur Anak dalam Pesawat

By  | 

Traveling bersama keluarga dengan jarak tempuh yang cukup jauh membuat Anda dan Si Kecil harus menghabiskan waktu di pesawat dalam jangka waktu cukup lama. Berada di tempat duduk yang sama akan membuat Si Kecil lekas merasa bosan, bukan? Dan ada pada saat take off, landing serta turbulence, Si Kecil tentu merasa tidak nyaman ya Mams. Oleh karena itu, Anda harus kreatif memberikan mainan dan hiburan pada Si Kecil di saat-saat genting, seperti rekomendasi Smart Mama berikut.

  1. Bawa buku dan mainan favorit Si Kecil. Dua hal ini sangat berguna untuk menghibur Si Kecil kala ia merasa bosan atau takut akibat guncangan yang kerap terjadi dalam perjalanan. Dampingi Si Kecil saat membaca buku agar ia merasa nyaman dan aman, serta terlarut dalam cerita yang Anda bacakan.
  2. Gunakan kartu petunjuk dalam pesawat sebagai hiburan. Terkadang Si Kecil merasa bosan dengan mainannya sendiri dan kerap penasaran dengan barang di sekitarnya. Saya sendiri sering menggunakan buku petunjuk penerbangan atau katalog dan mengembangkan cerita dari gambar-gambar yang ada di dalamnya. Ternyata Si Kecil memang cukup terhibur dan betah mempelajari keduanya.
  3. Film atau musik. Pada umumnya penerbangan jarak jauh memberikan fasilitas layar TV dan earphone untuk menonton film atau mendengarkan musik. Maksimalkan fasilitas tersebut hingga ia bosan, baru Anda kembali mengajaknya bermain dengan menggunakan media lain.
  4. Coloring atau menempel stiker. Kedua aktivitas ini juga ampuh membunuh kejenuhan yang dirasakan Si Kecil selama perjalanan ke tempat tujuan. Meskipun biasanya pesawat menyediakan pensil warna atau krayon untuk penumpang anak-anak, ada baiknya Anda membawa sendiri in case Bawa juga buku stiker karakter favorit Si Kecil, agar ia sibuk menempel sepanjang perjalanan.
  5. Bercerita seputar tempat tujuan. Yang satu ini juga menarik, dalam perjalanan Anda dapat menceritakan kegiatan apa saja yang akan dilakukan di tempat berlibur nanti. Jelaskan secara detail tempat Anda menginap, tempat hiburan anak yang akan dikunjungi, serta aktivitas yang direncanakan. Biasanya Si Kecil akan sangat tertarik serta banyak mengajukan pertanyaan. Jawab dengan sabar ya Mams guna mencegah ia tantrum akibat bosan atau takut. (Karmenita Ridwan/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares