Mind

Q&A: Apakah Saya Si Perfeksionis?

By  | 
Q: Seorang sahabat mengatakan kalau saya adalah ‘Si Ribet’. Segala sesuatu yang saya lakukan harus sempurna. Bila tidak, saya jadi uring-uringan. Apakah itu menandakan kalau saya adalah tipe orang perfeksionis? Bagaimana mengenali tanda seorang perfeksionis?

Mela, 29 tahun, mama dari Angie, 2 tahun
 
A:  Salah satu ciri seorang perfeksionis adalah bahwa ia selalu berusaha melakukan segala sesuatu dengan baik, sampai pada detail terkecil. Dan seringkali kepribadian seorang perfeksionis dianggap sangat menyebalkan di mata orang lain. Hal ini terjadi karena Si Perfeksionis selalu menuntut kesempurnaan dalam setiap hal bahkan pada hal yang bisa dibilang mustahil sekalipun. Berikut bagaimana cara mengenalinya.
  1. Fokus pada hasil akhir. Pada suatu pekerjaan, Anda sangat fokus mengerjakannya. Anda berusaha keras menghasilkan akhir yang sempurna. Hal inilah yang pada akhirnya membuat seorang perfeksionis selalu menyalahkan diri sendiri bila hasil yang ada kurang maksimal.
  2. Terobsesi pada kegagalan. Tak pernah puas akan sesuatu yang dilakukan adalah sifat perfeksionis. Setelah menyelesaikan suatu pekerjaan, baik itu yang sederhana atau pun rumit, ia cenderung tetap menggerutu tentang kesalahan dan kegagalan hingga hasil akhirnya tak sempurna. Perilaku ini jelas tidak sehat dan pastinya lama-kelamaan akan terlihat menyebalkan di mata rekan kerja.
  3. Kompetitif. Selalu memiliki dorongan untuk mengungguli orang  lain. Seorang perfeksionis  selalu ingin keluar sebagai pemenang atau yang terbaik dalam segala hal. Sifat ini memang manusiawi. Namun perlu diingat bahwa seseorang tidak mungkin selalu menjadi yang terbaik dalam segala hal.
  4. Rentan stres. Berbuat salah itu manusiawi, namun seorang perfeksionis ingin segalanya terlihat sempurna. Sehingga, kesalahan kecil pun bisa membuat ia kehilangan kendali dan merasa stres dan frustrasi.
  5. Standar tinggi. Si Perfeksionis bukan hanya memiliki standar tinggi terhadap dirinya sendiri atau orang lain, tapi juga mengevaluasi diri dengan standar tinggi.
  6. Gigih. Seorang perfeksionis sangat gigih dalam menyelesaikan pekerjaannya. Ia akan selalu fokus sampai akhir hingga berhasil meraih sesuatu yang diinginkannya.

Dari ke-6 ciri sifat seorang perfeksionis, gigih ini adalah salah satu sikap terbaik yang dimiliki seorang perfeksionis. Setelah berhasil menyelesaikan pekerjaannya, seorang perfeksionis akan berusaha memeriksa pekerjaannya secara berulang-ulang, karena tak ingin membuat kesalahan sama sekali.

Jika Anda memiliki setidaknya tiga dari ciri-ciri di atas, bisa dipastikan bahwa Anda adalah tipe seorang perfeksionis. Kepribadian perfeksionis tidak selalu buruk kok, Mam. Asalkan, Anda tetap bisa menjalani kehidupan seimbang. Karena bagaimanapun, kan memang tidak ada yang benar-benar sempurna di dunia ini. (Tammy Febriani/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares