Career

5 Tanda Anda Siap Memulai Bisnis Sendiri

By  | 

Banyak mamas yang merasa bimbang dan ragu saat akan memulai bisnis. Padahal mungkin di benak Anda sudah ada berbagai ide bermunculan. Namun biasanya timbul keraguan apakah bisnis yang dijalani akan diminati pasar atau tidak, sehingga kekhawatiran gagal dalam berbisnis mendominasi dan Anda malah tidak jadi melakukannya. Untuk mengukur kesiapan Anda dalam memulai sebuah usaha, simak tanda-tandanya berikut.

  1. Anda memiliki satu ide bisnis berdasarkan hobi atau passion Anda. Memang benar Mams, dalam berbisnis apapun yang paling penting adalah Anda betul-betul menyukai bidang yang digeluti. Hal ini membuat Anda bersemangat lebih sehingga tantangan seberat apapun akan dilewati. Oleh karena itu, jika Anda sudah menemukan passion terbesar Anda, maka Anda siap untuk berbisnis.
  2. Pekerjaan Anda sudah tidak menjanjikan. Bukan dalam hal materi saja namun lingkungan kerja yang kurang nyaman atau pressure yang sudah tidak masuk akal biasanya membuat Anda memilikin plan B yakni menjajaki peluang usaha. Banyak juga mamas yang krisis nanny atau mengalami karier tanpa kemajuan kemudian mencari celah untuk berbisnis. Wanita yang terbiasa bekerja agak sulit menyesuaikan diri menjadi stay at home mom. Oleh karena itu pekerjaan yang tak lagi menyenangkan dapat menjadi motivasi kuat dalam memulai bisnis baru.
  3. Mengetahui secara detail segala macam risiko berbisnis. Hal ini sangat penting lho Mams, jangan sampai Anda terjun ke dunia bisnis tanpa tahu risiko yang akan dihadapi. Jika Anda belum paham betul mengenai hal ini, ada baiknya Anda berguru pada yang sudah berpengalaman. Gali info hingga matang baru Anda membuat strategi bisnis yang dapat meminimalisasi risiko. Strategi yang matang adalah bekal terbaik untuk memulai bisnis.
  4. Anda memiliki ‘pasukan’ yang dapat dikaryakan. Kebanyakan orang memulai bisnis sendirian tanpa melibatkan orang-orang disekitarnya. Padahal suami, kakak, adik, sahabat, bahkan anak dapat dijadikan support system terbaik dalam mendukung bisnis Anda. Contohnya jika Anda memiliki usaha kids clothing, anak Anda bisa dijadikan model guna mengetahui bentuk pakaian saat digunakan serta tingkat kenyamanan baju tersebut. Jika Anda memiliki usaha kue atau bakery, suami bisa menjadi food tester sekaligus marketing andal.
  5. Kreatif dan bermental kuat. Kreativitas memang modal penting untuk memulai bisnis. Pasalnya, Anda akan memiliki kompetitor yang serupa sehingga dibutuhkan ide-ide segar untuk membuat perbedaan atau menjadi pioneer. Anda juga wajib bermental kuat serta optimis. Jarang sekali bisnis baru yang langsung booming, Anda harus menapaki berbagai rintangan terlebih dahulu sebelum akhirnya bisnis Anda menjadi maju. Untuk melewati proses yang berat tersebut dibutuhkan mental yang super kuat. Good luck Mams! (Karmenita Ridwan/LD/Photo: istockphoto.com)

Shares