Health

Berbagai Pilihan Cara untuk Melahirkan

By  | 

Mamas to be, Anda pasti kerap bingung memilih cara melahirkan yang teraman dan nyaman bagi Anda. Pada umumnya wanita hamil memilih cara melahirkan yang paling tak sakit dan berisiko komplikasi terendah. Nah bagi Anda yang hamil anak pertama, ada baiknya Anda menggali info dari berbagai pihak dan menimbang plus minus dari berbagai pilihan cara untuk melahirkan. Berikut beberap cara melahirkan yang dapat Anda pilih.

  1. Melahirkan normal atau spontan di rumah sakit. Cara ini adalah teralami dalam melahirkan bayi Anda yakni dengan menunggu proses pembukaan dari awal hingga akhir dan bersiap untuk mengejan serta melahirkan Si Kecil. Namun tentu saja proses ini cukup panjang, menyakitkan, dan melelahkan. Tetapi melahirkan dengan cara ini relatif aman dan setelahnya pemulihan tubuh Anda tidak memakan proses lama.
  2. Melahirkan dengan operasi Caesar. Biasanya dokter kandungan akan menyarankan kelahiran dengan cara ini jika Anda mengalami komplikasi atau letak bayi Anda sungsang. Bisa juga jika bayi terlilit tali pusat atau ukuran bayi terlalu besar. Saat proses operasi, tentu saja Anda tidak merasakan apapun. Namun pemulihan paska Caesar memakan waktu yang lebih lama. Beberapa mamas terkadang masih merasa nyeri pada jahitan meski sudah beberapa tahun berlalu.
  3. Water birth. Saat ini banyak juga wanita yang memilih melahirkan dengan water birth yakni melahirkan di dalam kolam atau bak air hangat. Konon air hangat dapat melemaskan otot-otot sehingga Anda merasa lebih relaks dan proses kelahiran pun lebih lancar. Namun ada pro kontra terhadap metode ini, karena memiliki risiko bayi tenggelam, serta penyakit paru-paru.
  4. Normal dengan epidural. Ingin melahirkan normal namun tidak merasa sakit? Epidural solusinya, dengan epidural Anda tidak merasa sakit namun Anda juga tidak dapat merasakan kapan harus mengejan sehingga harus dipastikan Anda mengikuti instruksi dokter dan bidan dengan tepat.
  5. Gentle birth. Dewasa ini banyak juga mamas memilih cara satu ini, yaitu melahirkan di rumah, tidak di rumah sakit maupun di klinik, namun tetap dengan bantuan bidan atau dokter. Sebetulnya metode ini adalah cara paling natural untuk melahirkan, namun tentu saja akan menyulitkan saat terjadi komplikasi.

(Karmenita Ridwan/LD/Photo: istockphoto.com)

Shares