Finance

Cerdas Ikut Arisan

By  | 

Berapa banyak arisan yang sudah Anda ikuti selama ini? Salah satu tim Smart Mama mengaku, ia ikut tiga jenis arisan, di sekolah Si Kecil, di lingkungan keluarga, dan juga di lingkungan tempat tinggalnya. Memang, secara sosial, arisan bisa mempererat jalinan silaturahmi dengan kerabat ataupun teman. Dan secara secara finansial, arisan dapat dimanfaatkan sebagai modal lho, Mams.

Anggap saja setoran dana arisan Anda setiap bulannya diandaikan seperti sedang menabung atau Anda seperti mendapat kredit lunak tanpa bunga. Dan uang tersebut bisa dimanfaatkan sebagai modal berinvestasi, seperti mengikuti reksadana, dibelikan emas atau jenis investasi lainnya. Untungnya, kita bisa membayarnya secara mencicil lewat uang arisan setiap bulan. Namun bila kita mendapatkannya di akhir, bisa dianggap sebagai cara bagi Anda untuk disiplin menabung.

Sebaiknya, dana arisan diambil dari pengeluaran pribadi Anda, Mams. Agar nantinya tidak membuat pengeluaran rumah tangga jadi berantakan. Dan ketika sudah mendapatkan arisan, cicilannya pun juga harus tetap dibayar dengan menggunakan dana yang diambil dari pengeluaran pribadi Anda.

Smart Tip:

  • Tentukan besaran dana arisan sesuai kemampuan agar tak mengacak-acak manajemen keuangan rumah tangga.
  • Banyak dari para Mamas yang ikut arisan di beberapa tempat. Hati-hati Mams, jangan sampai ujung-ujungnya malah jadi memberatkan Anda secara finansial.
  • Pilihlah bendahara dari anggota arisan yang memiliki sikap tegas dan juga teliti.
  • Agar tak bosan, usahakan periode jangka waktu arisan tidak lebih dari setahun ya, Mams.
  • Ajaklah orang-orang yang berkomitmen untuk menghindari dana lenyap di tengah-tengah arisan.
  • Arisan biasanya diadakan diadakan di kafe atau restoran, jadi biaya yang dikeluarkan tentulah tidak sedikit. Dan saat arisan biasanya ada yang membawa barang dagangan, tetaplah ingat prioritas keuangan ya, Mams, agar tidak gelap mata dan berbelanja. Hingga akhirnya lebih besar biaya makan dan belanjanya daripada uang arisan yang didapat. (Tammy Febriani/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares