Health

Bolehkah Calon Mama Rutin Minum Kopi?

By  | 

Saat hamil, Anda memang tak bisa lagi melakukan beberapa kebiasaan yang sebelumnya rutin Anda lakukan sebelum mengandung ya, Mamas to be. Mulai dari begadang hingga larut malam, clubbing di tempat yang dipenuhi asap rokok, hingga konsumsi makanan dan minuman tertentu yang jumlahnya harus dibatasi, atau bahkan sudah tak boleh sama sekali untuk sementara waktu. Nah, salah satu minuman favorit banyak wanita sebelum hamil adalah kopi. Apakah Anda juga pencinta kopi? Pasti pertanyaan Anda, apakah saya masih bisa rutin minum kopi setiap hari mengingat saya baru bisa ‘bangun’ setelah minum secangkir kopi?

Nah menurut Ronald J. Ruggiero, dokter kandungan dari www.babycenter.com, Anda masih diperbolehkan minum kopi namun tidak lebih dari secangkir kecil saja tiap harinya. Pasalnya, menurut sebuah penelitian di San Francisco terhadap 1000 ibu hamil yang mengonsumsi 200 mg kafein per hari pada trimester pertama, memiliki risiko lebih tinggi untuk mengalami keguguran. 200 mg kafein ini setara dengan dua cangkir kecil kopi.

“Wanita yang minum kafein 200 mg perhari berisiko 25 persen lebih besar untuk keguguran, 15 persen bila Anda minum 100 mg kafein. Selain itu konsumsi kafein yang berlebihan juga bisa menghambat asupan oksigen dan nutrisi dari aliran darah Anda ke plasenta, sehingga dapat menyebabkan bayi lahir dengan berat badan rendah,” kata Ronald yang juga menyarankan wanita hamil untuk menghindari beragam macam minuman berenergi serta produk-produk lain yang berkadar protein tinggi.

Pendapat ini diperkuat oleh dr. Jennifer R. Niebyl,Sp.OG, seperti dikutip dari situs yang sama. “Kopi di pagi hari aman dikonsumsi ibu hamil selama Anda tidak ‘kalap’. Karena risiko Anda untuk mengalami keguguran meningkat seiring dengan banyaknya konsumsi kafein per hari yaitu lebih dari 200 mg.”

Tapi, bagaimana bila sejak dahulu Anda sudah kecanduan kopi dan tak bisa lagi ‘melepaskan’ diri dari konsumsi lebih dari dua cangkir per hari atau batas aman yang dianjurkan? Hmmm…pada dasarnya, semua ini tergantung dari reaksi tubuh Anda masing-masing, Mams to be. Selama Anda tidak mengalami gejala seperti jantung berdebar, kecemasan berlebih, hingga kadar gula darah dan tensi darah yang masih normal, Anda boleh saja minum kopi lebih dari 200 mg per hari. Namun, sebelumnya diskusikan hal ini dengan dokter kandungan ya. Jika Anda mendapatkan ‘lampu hijau’ maka Anda masih bisa ‘melanjutkan kebiasaan ini’. Tapi untuk lebih aman, sebaiknya hal ini dilakukan setelah trimester pertama berhasil Anda lalui dengan baik. (Lenny Delima/Photo: Istockphoto.com)

Shares