Menikmati Me Time dengan Membaca

By  | 

Siapa dari Anda yang hobi membaca? Sepertinya sekarang ini aktivitas satu ini sudah mulai jarang dilakukan para mama ya, mengingat untuk membaca buku atau novel kadang memang perlu waktu yang cukup lama. Padahal membaca merupakan ‘me time’ yang selain murah (bila Anda melakukannya di rumah), tetapi juga memiliki manfaat seperti menambah ilmu pengetahuan dan membuat Anda bisa menjadi orang yang lebih dahulu tahu tentang suatu hal dibanding orang yang tidak membaca buku tersebut. Bagaimana agar Anda bisa lebih menikmati waktu ‘me time’ dengan membaca? Simak tip Smart Mama, yuk.

1. Pilih buku yang sesuai minat Anda. Seperti halnya memilih film favorit, memilih buku juga demikian, lho, Mamas. Bila Anda suka genre drama, komedi, action, atau romantis, maka Anda bisa pilih buku novel atau komik fiksi. Sementara bila Anda menyukai hal yang bersifat bukan karangan atau dokumenter, maka buku-buku non fiksi adalah pilihan tepat buat Anda.

2. Tanya kepada keluarga dan teman Anda mengenai buku favorit mereka. Anda juga bisa lho mulai belajar menyukai berbagai varian buku dengan bertanya kepada kerabat atau sahabat Anda mengenai buku favorit mereka. Siapa tahu ada yang bisa jadi buku kesukaan Anda juga nanti, Mamas.

3. Bacalah buku yang juga dijadikan film. Banyak film yang diangkat dari sebuah novel fiksi atau buku non fiksi. Bila salah satu film kesukaan Anda juga merupakan hasil adaptasi dari novel atau buku tertentu, tak ada salahnya Anda membaca buku tersebut untuk mendapat penjelasan yang lebih luas. Sebab, biasanya film yang diambil dari buku adalah versi pendek dari keseluruhan isi buku.

4. Cari tempat nyaman untuk membaca. Setiap orang pasti punya tempat favorit tertentu di rumah untuk ‘me time’. Misalnya kamar tidur, ruang tamu, dapur, teras, balkon, atau bahkan toilet! Anda bisa memilih salah satu dari ruangan favorit di rumah sebagai tempat untuk membaca buku.

5. Siapkan ‘perlengkapan perang’. Sambil membaca, Anda bisa membawa beberapa ‘perlengkapan perang’ untuk menjadikan suasana membaca lebih menyenangkan atau relaks. Misalnya bantal empuk, setoples keripik kentang atau camilan kesukaan Anda yang lain, serta secangkir kopi atau teh hangat sebagai ‘teman membaca’ Anda.

6. Pilih waktu membaca yang tepat. Sebagai mama, Anda tentu punya banyak aktivitas seharian. Nah, di tengah kesibukan tersebut, pilihlah waktu terbaik untuk membaca. Misalnya setiap malam pukul 21.00, saat Si Kecil sudah tidur dan Anda juga sudah selesai mengerjakan tugas hari itu. (Lenny Delima/Photo:Istockphoto.com)

 

 

 

Shares