Trik Atasi Pregnancy Judgement

By  | 

“Saya memang terlambat menikah, dan baru dinyatakan hamil saat usia 35 tahun. Kala itu banyak yang komentar seputar usia saya yang sudah tidak muda lagi, ditambah lagi saya wanita bekerja sehingga banyak yang meminta saya berhenti bekerja saja. Saya jadi khawatir dan sempat mempertimbangkan untuk mengundurkan diri. Tetapi saat itu, seorang tante yang berprofesi sebagai dokter meyakinkan saya untuk tidak melakukannya. Dan terbukti bayi saya tumbuh sehat,” ungkap Tania, mama dari Travis, 2 tahun.
Sementara itu, mama Daniella yang kini tengah hamil muda merasa tidak nyaman karena seorang teman kerap mengomentari bentuk tubuhnya yang kian melar dan selalu mendelik tiap kali ia memesan makanan. Lain halnya dengan mama Sheila yang kerap dikomentari terlalu kurus untuk ukuran wanita hamil. “Saya jadi cemas, bayi saya baik-baik saja tidak ya?” ujar wanita yang kini sedang hamil tujuh bulan tersebut. Memang ya Mams, ada saja yang sering berkomentar ‘miring’ seputar kehamilan Anda dan tentu saja membuat Anda resah. Nah untuk mengatasi problema tersebut, simak caranya!

  • Ini kehamilan Anda bukan mereka! Yes Mams, selama dokter kandungan mengatakan Anda dan bayi dalam kandungan baik-baik saja, Anda tak perlu merasa khawatir berlebihan. Jalani saja kehamilan Anda dengan relaks. Ingat ini adalah kehamilan Anda bukan mereka kan?
  • Tak perlu emosi. Berbagai komentar seputar kehamilan pasti membuat Anda khawatir sekaligus kesal. Tapi Anda tak perlu terpancing emosi ya Mams, tanggapi saja dengan senyuman. Toh Anda tidak perlu menjalani yang ia katakan.
  • Berpikir positif. Daripada Anda terus-terusan merasa khawatir lebih baik berpikir positif saja Mams. Hal ini justru membuat Anda lebih sehat dan santai. Tak perlu pusing dengan komentar orang di sekeliling Anda. Anggap saja mereka sangat sayang pada Anda sehingga terlalu perhatian.
  • Hindari orang-orang yang negatif sementara waktu. Saat hamil Anda kerap mengalami mood swing, agar emosi Anda tetap terkendali dan tidak merasa khawatir berlebihan ada baiknya menghindari orang-orang yang selalu berkomentar negatif tentang kehamilan Anda. Daripada nantinya di antara Anda dan mereka justru terjadi perselisihan sebaiknya Anda menghindar sementara waktu. Temui saja orang-orang yang selalu positif dan humoris, lebih seru kan? (Karmenita Ridwan/LD/Photo: Various)

Shares