Education

Tip Membawa Anak Ke Museum

By  | 
Pergi mengajak Si Kecil ke museum? Kenapa tidak, Mams. Yuk, ajak Si Kecil berwisata melihat peninggalan sejarah.
Ya, museum adalah tempat untuk menyaksikan benda-benda peninggalan sejarah. Selain berwisata juga dapat menambah pengetahuan mereka. Berikut  tip saat membawa Si Kecil  ke museum.
Tempat menyenangkan.
Beritahu Si Kecil bahwa museum adalah tempat yang menyenangkan, bukan tempat kuno yang membosankan. Dengan begitu, Si Kecil akan semangat pergi ke sana.
Pilih museum yang tepat.
Anda bisa pilih jenis museum yang sesuai dengan keinginan Si Kecil. Misalnya, untuk anak laki-laki, ajak ke museum yang mengoleksi mobil, pesawat, kapal, ataupun teknologi robot. Untuk anak perempuan, bawa mereka ke museum yang mengoleksi boneka, kain batik dan lainnya.
Menikmati peninggalan sejarah.
Di museum, lihatlah setiap barang-barang peninggalan sejarah secara perlahan. Tidak usah terburu-buru dan memaksakan anak untuk melihat semuanya. Jika Si Kecil terlihat bosan, baiknya ajak ia untuk pulang. Namun, ada cara agar Si Kecil tidak bosan selama berada di sana, Mams. Buatlah permainan kecil, misalnya ajak Si Kecil untuk mencari lukisan tertentu. Siapa yang pertama melihat, pilih dia sebagai pemenang. Namun untuk melakukan permainan ini, lebih seru jika Anda membawa anggota keluarga lebih banyak.
Patuhi Peraturan
Berikan edukasi pada Si Kecil untuk tidak sembarangan menyentuh barang-barang dan berlari-lari di dalam musem. Museum sangat menjaga barang-barang yang dipamerkan, karena berhubungan dengan sejarah.
Bercerita kembali.
Setelah kembali ke rumah, sebaiknya anda mengajak anak anda berbicara tentang perjalanan tersebut. Anda bisa melakukannya sebelum dia pergi tidur. Tanyakan padanya, apa yang paling diingat dan apa yang paling disuka dari tur museum. (Yosi Avianti/LD/Photo : Istockphoto.com)

Shares