Parenting

Trik Memilih Baby Sitter yang Tepat

By  | 

Sebagai ibu bekerja, memilih baby sitter untuk mengasuh buah hati tercinta bukan hal mudah. Kecocokan antara anak dan baby sitter adalah satu hal terpenting ya, Mams. Ini akan membuat Si Kecil nyaman saat dalam pengasuhannya, begitupun sebaliknya. Berikut adalah tip memilih baby sitter yang tepat.

1. Menyenangi dunia anak-anak. Baby sitter merupakan pekerjaan yang berhubungan langsung dengan anak-anak. Setidaknya ia harus mengerti dan menyenangi dunia anak. Seorang baby sitter yang baik juga harus bisa menempatkan diri kapan ia menjadi pengasuh dan kapan harus berfungsi sebagai sahabat Si Kecil. Tak hanya itu saja, baby sitter juga dituntut bisa menghibur agar Si Kecil nyaman bermain dengannya.

2. Berusia muda. Baby sitter yang berusia muda cenderung mengerti teori dan ilmu perkembangan anak-anak. Bila baby sitter terlalu tua, dikhawatirkan akan lebih banyak menggurui dan cenderung tidak mampu mengikuti teori perkembangan anak.

3. Memiliki pengetahuan dasar. Pengetahuan dasar di sini adalah mengetahui gejala penyakit yang umumnya diderita anak dan mampu mengatasinya pada gejala awal. Ia pun harus mengetahui pencegahan standar penyakit, misalnya dengan mensterilkan peralatan minum dan makan anak.

4. Penampilan. Penampilan dapat mencerminkan kepribadiannya. Kebersihan dan kerapian dapat dinilai dari cara berpakaian. Seorang baby sitter juga diharuskan bersih dan rapi dalam perawatan anak. Misalnya, selalu mencuci tangan apabila ingin memegang Si Kecil.

5. Sehat. Kesehatan sangat penting, baik fisik maupun mental. Dengan baby sitter yang sehat, anak akan terhindar dari tertularnya penyakit. Jadi jangan segan melakukan pemeriksaan kesehatan pada calon baby sitter anak Anda.

6. Mengetahui identitas dan pengalaman kerjanya.Anda perlu tahu identitasnya secara lengkap, misalnya nama, umur, pendidikan, asalnya, dan kerabatnya yang bisa dihubungi. Catatlah semuanya. Hal tersebut untuk mengantisipasi bila sewaktu-waktu terjadi hal tak diinginkan. Tanyakan juga mengenai pengalaman kerjanya selama ini. (Yosi Avianti/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares