Health

Jaga Kesehatan Si Kecil di Musim Hujan

By  | 

Setelah musim kemarau panjang hingga menimbulkan krisis air di beberapa wilayah, kini musim hujan pun mulai datang. Namun sayangnya musim hujan kerap dibarengi timbulnya berbagai penyakit yang menyerang Si Kecil seperti:

  • Influenza. Saat musim hujan, banyak anak mengalami infeksi virus seperi influenza yang juga penyebab demam. Virus ini menular lewat udara sehingga penyebarannya sangat cepat.
  • Diare. Datangnya musim hujan kerap diikuti banjir. Genangan air kotor seringkali menyebabkan timbulnya penyakit diare, apalagi bagi Anda yang tinggal di kawasan rawan banjir.
  • Gatal-gatal. Penyakit satu ini juga banyak dialami balita saat musim hujan yakni gatal pada permukaan kulit dan timbul ruam.
  • Dan yang paling berbahaya adalah Demam Berdarah Dengue (DBD). Penyakit ini kerap timbul di musim hujan akibat banyaknya genangan air yang menyebabkan nyamuk aedes argypti berkembang biak.

Nah Mams, agar kesehatan Si Kecil terap terjaga saat musim hujan, lakukan hal berikut.

  • Perhatikan asupannya. Pastikan ia makan cukup dengan menu lengkap mulai dari karbohidrat, protein hingga asupan yang kaya dengan vitamin dan mineral misalnya buah dan sayuran, juga vitamin suplemen secara teratur. Ia juga harus rajin minum air putih dan susu agar metabolisme tubuhnya selalu terjaga.
  • Jaga kebersihan. Segera buang sampah yang menumpuk di rumah Anda guna mencegah penyebaran virus dan bakteri. Sediakan juga penutup genangan air agar nyamuk aedes aegypti tidak berkembang biak di rumah Anda. Minta Si Kecil selalu mencuci tangan sebelum dan sesudah melakukan aktivitas.
  • Perhatikan pakaian Si Kecil. Pastikan ia menggunakan pakaian yang cukup hangat saat akan beraktivitas di luar rumah agar terhindar dari masuk angin. Lengkapi juga tampilannya dengan topi atau hoodie jacket yang sekaligus dapat melindungi kepala. Sepatu boots karet juga dapat dijadikan pilihan outfit Si Kecil saat musim hujan guna menghindari genangan air sekaligus menjadikan tampilannya kian stylish.
  • Kurangi aktivitas luar rumah. Sebagai gantinya, carikan ia kegiatan yang sama menariknya di dalam rumah, misalnya kemah di dalam rumah atau bermain board game yang seru sekeluarga. Agar lebih maksimal sediakan makanan hangat serta coklat panas plus marshmallow. Si Kecil pasti bersemangat.
  • Istirahat cukup. Tidur cukup juga mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Pastikan jadwal istirahatnya terpenuhi misalnya tidur siang selama 1-2 jam, kemudian di malam hari biasakan ia tidur sekitar jam delapan malam. (Karmenita Ridwan/LD/Photo: istockphoto.com)

Shares