Finance

Trik Kelola Gaji Bulanan

By  | 
Merasa gaji bulanan Anda tak pernah bisa mencukupi hingga akhir bulan? Hmmm, Anda bukan satu-satunya mama yang merasa seperti ini kok. Coba trik dari Smart Mama berikut, agar jerih payah kerja Anda selama sebulan bisa dinikmati hingga waktu gajian datang lagi.
  • Buat pos pengeluaran. Budgeting memang sangat penting untuk membuat kondisi keuangan Anda tetap stabil selama satu bulan ke depan. Pisahkan 20 persen untuk tabungan, 10 persen untuk biaya darurat, 30 persen untuk belanja, dan 40 persen untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.
  • Disiplin menabung. Saat gajian, segera sisihkan 20 persen gaji Anda untuk ditabung. Biasakan menabung terlebih dulu daripada berbelanja. Menunggu sisa uang di akhir bulan setelah Anda berbelanja untuk kemudian ditabung adalah cara yang salah. Biasanya, Anda tidak akan menemukan uang sisa tersebut untuk ditabung. Saat ini tersedia bank-bank yang menyediakan program tabungan yang bisa langsung didebet dari saldo tabungan Anda saat Anda menerima gaji. Bagi Anda yang tak disiplin dalam menabung, coba deh cara ini.
  • Miliki dua rekening berbeda. Pisahkan uang gaji Anda, satu untuk keperluan sehari-hari, dan satunya lagi untuk tabungan. Memiliki dua rekening tabungan akan lebih baik agar Anda tidak akan mencampur uang kebutuhan sehari-hari dan uang tabungan.
  • Uang receh. Saat menerima uang kembali dalam bentuk receh, Anda biasanya akan menaruhnya sembarangan. Padahal, uang receh masih berguna lho, Mams. Kumpulkan uang receh tersebut dalam sebuah dompet khusus. Setelah terkumpul cukup banyak, Anda bisa menggunakannya untuk membeli tiket kereta commuter line, membayar tol, atau membeli camilan.
  • Bedakan antara keinginan dan kebutuhan. Bagi Anda yang gemar berbelanja, kini waktunya belajar membedakan antara yang namanya ‘kebutuhan’ dan ‘keinginan’. Saat ingin membeli sesuatu, pikirkan lebih dahulu, apakah barang tersebut memang menjadi kebutuhan, atau sekadar ‘ingin’ membeli saja. Bila Anda memang membutuhkannya, maka Anda bisa membelinya sesuai kemampuan budget Anda tentunya. Dan bila ternyata itu hanya karena rasa ‘ingin’ membeli, maka tunda membeli barang tersebut hingga Anda memang membutuhkannya. Selama Anda mau jujur pada diri sendiri, cara ini cukup efektif mengurangi sifat boros Anda. Selamat mencoba, Mams! (Tammy Febriani/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares