Mind

Menyikapi Hobi Baru Saat Hamil

By  | 

Tak hanya membuat munculnya ‘kepribadian baru’  (baca : Ragam Kepribadian ‘Baru’Saat Hamil), kehamilan juga bisa menimbulkan hobi atau kebiasaan baru yang sebelumnya tidak pernah Anda suka, lho, Mamas. Sahabat saya dulu mengalaminya nih. Ia yang tadinya tidak terlalu suka menonton film ala detektif, tiba-tiba hobi berat nonton serial seperti CSI dan sejenisnya. Anehnya, setelah melahirkan, hal ini tidak lagi jadi hobinya. Tontonan favoritnya kembali lagi seperti semula, yaitu film drama korea romantis. Nah, ternyata, pengalamannya ini juga dirasakan para Smart Mama lain. Simak cerita mereka, bisa jadi ada yang sama dengan Anda.

“Tiap kehamilan rupanya membuat saya jadi punya hobi baru. Saat hamil anak pertama, saya tiba-tiba jadi suka bercocok tanam. Kalau kebetulan ke Bandung, kami pasti mampir daerah Cihideng karena saya pasti borong aneka tanaman hias yang dijual di sana. Sedangkan saat hamil anak kedua, saya malah keranjingan main game online di smart phone. Alhasil tablet saya pernah hang karena saya kebanyakan download games, haha. Nah, dari dua hobi ini, yang sekarang masih saya sukai adalah berkebun. Lumayanlah, taman kecil di depan rumah jadi cantik.”
Marry, 34 tahun, mama dari Jhon, 5 tahun, dan Sabrina, 2 tahun

“Sebelumnya tak pernah terbayangkan sih bahwa saya akan punya hobi baru yang sama sekali ‘bukan gue banget’ ini. Jadi, sebelum hamil saya termasuk wanita tomboy yang suka naik gunung. Tapi, selama hamil jelas dokter melarang saya melanjutkan hobi itu kan. Entah mendapat inspirasi dari mana, selama hamil saya kok jadi senang nonton segala hal yang berhubungan dengan kreativitas atau program Do It Yourself (DIY) di YouTube. Bahkan saya pernah berhasil membuat celengan dan pot bunga simpel dari botol bekas, dari hobi nonton DIY itu lho. Suami saya sampai bingung mengapa saya jadi suka kegiatan art and craft ini.”
Agnezia, 29 tahun, hamil 6 bulan

“Saya jadi suka merajut dong! Mungkin bagi banyak orang hobi baru saya ini ‘hobi nenek-nenek’ ya, mengingat memang jarang sekali sih teman-teman saya yang bisa melakukan hal satu ini. Saya sendiri sebetulnya sudah punya kemampuan dasar merajut yang diajarkan ketika saya duduk di bangku SMP, tapi ini tak menarik perhatian saya lagi sampai akhirnya saya jadi gemar merajut ketika hamil ini. Mungkin karena janin dalam kandungan saya perempuan nih, jadi hobi baru saya pun ‘feminin’.”
Gisel, 33 tahun, hamil 5 bulan

Mamas to be, ada yang mengatakan, hobi baru saat hamil bisa timbul karena memang ada kalanya Anda tidak bisa melakukan hobi lama karena keterbatasan fisik selama kurang lebih sembilan bulan ini. Nah, wajar jika kemudian Anda memiliki hobi baru namun ada beberapa hal perlu diperhatikan, seperti:
1. Pastikan hobi baru ini aman untuk kehamilan. Sudah jelas Anda tidak boleh melakukan hobi yang dilarang dilakukan oleh wanita hamil, misalnya bungee jumping, naik gunung, panjat dinding, dan hal lain yang bisa berbahaya bagi Anda dan Si Janin.
2. Ingat waktu. Terkadang, saat ‘getol’ melakukan sesuatu yang sangat disenangi, kita jadi lupa sudah berapa lama kita mengerjakannya. Misalnya Anda keasyikan melakukan hobi sampai-sampai mengambil ‘jatah’ jam tidur siang atau malam Anda. Biar bagaimana pun tubuh Anda kan perlu istirahat.
3. Perhatikan pasangan. Ini yang juga jangan dilupakan. Kadar perhatian pada suami jangan sampai berkurang hanya gara-gara Anda terlalu lama berkutat bersama hobi baru ini. Bisa-bisa pasangan cemburu dengan kebiasaan baru ini.
4. Tetap bersosialisasi. Sah-sah saja Anda punya ‘me time’ berkualitas, tapi jangan lupa Anda kan mahluk sosial yang butuh teman ya. Sesekali, tak ada salahnya Anda menjadwalkan pertemuan dengan teman-teman sebulan sekali misalnya. (Lenny Delima/Photo: Istockphoto.com)

Shares