Mind

Apakah Anda Seorang Control Freak?

By  | 

Terkadang seorang control freak justru tidak menyadari kalau ia adalah pengontrol sejati, oleh karena itu ada baiknya kita semua mengetahui seperti apa sih ciri-ciri dari seorang control freak? Jika sebagian besar dari ciri-ciri tersebut Anda miliki, mungkin sudah waktunya Anda introspeksi dan mengurangi sifat controlling Anda. Yuk simak ciri-cirinya!

  1. Anda memberi nasihat pada rekan kerja yang sebenarnya mengerjakan pekerjaannya dengan baik, sehingga nasihat Anda tergolong sia-sia. Tetapi Anda tetap saja tidak dapat menahan diri untuk memberikan petuah padanya.
  2. Anda akan merasa panik jika sesuatu berjalan tidak sesuai dengan jadwal yang sudah Anda susun. Bahkan jika Anda terlewat jam makan siang, Anda memilih untuk tidak makan sama sekali.
  3. Anda kerap menjadi “polisi” yang menilai grammar dan spelling untuk setiap postingan di sosial media. Come on Mams, hal tersebut pasti melelahkan ya, berapa banyak postingan yang harus Anda nilai dan edit? Lebih baik waktu Anda digunakan untuk hal lain yang lebih bermanfaat.
  4. “Sudah saya bilang…” adalah kalimat favorit Anda.
  5. Anda selalu ingin mengambil alih sebagai pemimpin dari sebuah kegiatan, baik aktivitas di tempat kerja, di sekolah anak, maupun di lingkungan rumah.
  6. Jika menerima surat penolakan dari tempat kerja yang Anda lamar, Anda akan membalasnya dengan menulis betapa ruginya mereka tidak mempertimbangkan Anda sebagai salah seorang kandidat karyawan.
  7. Dalam sebuah meeting, Anda lah yang paling banyak bicara dan mendominasi.
  8. Anda sangat cepat melihat hal negatif dari seseorang maupun sebuah keadaan karena Anda menginginkan kesempurnaan.
  9. Tidak ada satu orangpun yang boleh membawa mobil pribadi Anda karena tempat duduknya sudah sesuai dengan keinginan Anda, jadi tidak bisa diubah lagi.
  10. Segala sesuatu yang ada di rumah Anda tersusun rapi berdasarkan kategori dan Anda akan marah besar jika ada yang berani mengubahnya.
  11. Anda akan merasa sangat kecewa jika kalah meskipun hanya dalam permainan monopoli sekalipun. Anda tidak boleh kalah!

Well Mamas, jika Anda memiliki ciri-ciri seperti di atas, sudah saatnya Anda lebih relaks dan sedikit menurunkan ekspektasi Anda ya. Karena bukan hanya orang disekeliling Anda saja yang bingung melihat sikap Anda, namun diri Anda sendiri juga menjadi selalu tegang yang dapat berujung dengan depresi lho. (Karmenita Ridwan/LD/Photo: istockphoto.com)

 

 

Shares