Mind

Me Time dengan Meditasi

By  | 

Banyak cara untuk melakukan ‘me time’ ya, Mams, tapi tidak semua ‘me time’ bisa dilakukan dengan waktu singkat seperti 5-10 menit, namun tetap memiliki manfaat yang banyak untuk fisik maupun mental kita. Bila Anda ingin ‘me time’ berkualitas, mengapa tidak coba melakukan meditasi saja, Mamas? Meditasi adalah sebuah praktik relaksasi yang melibatkan pelepasan pikiran dari semua hal yang membebani maupun mencemaskan dalam hidup kita sehari-hari. Anda cukup mencari tempat tenang, mungkin di kamar tidur Anda, namun ingat untuk mengunci pintu agar Si Kecil atau pasangan tidak mengganggu Anda, ya.

Pertama, kenakan pakaian longgar berbahan katun agar Anda berasa nyaman lalu atur suhu kamar sesejuk mungkin. Setelah itu, Anda bisa duduk bersila di atas kasur, bantalan, atau lantai sekalipun. Bentuk tangan Anda seperti akan menyentil, dengan mempertemukan jari tengah dan jempol lalu letakkan masing-masing tangan di atas lutut kiri dan kanan. Pejamkan mata Anda lalu bernapaslah dengan pelan, ambil napas dalam-dalam, hembuskan secara perlahan, dan rasakan iramanya seiring dengan detak jantung Anda. Bila memang Anda rasa perlu, tak ada salahnya menyalakan lilin aromaterapi dan juga musik relaksasi yang lembut. Mengapa Anda sebaiknya mulai memikirkan untuk menjadwalkan meditasi sebagai bagian dari ‘me time’ Anda? Smart Mama akan memberi tahu Anda mengenai bermacam manfaat meditasi.

Manfaat Meditasi untuk Fisik atau Tubuh:

  1. Menurunkan tekanan darah tinggi. Ini karena meditasi bisa membantu menurunkan kadar stres yang pasti berpengaruh pada berkurangnya angka tensi Anda.
  2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
  3. Meningkatkan energi dalam berakvitas sehari-hari. Anda akan merasa lebih bersemangat jika memulai hari dengan bermeditasi.
  4. Mengurangi risiko sakit kepala, insomnia, dan pegal-pegal.
  5. Mengurangi gejala PMS (Pre Menstruation Syndrome) seperti nyeri payudara dan perut.

Manfaat Meditasi untuk Kesehatan Mental:

  1. Mengurangi kepanikan dan kecemasan, khususnya bila Anda harus berhadapan dengan deadline atau tugas kantor yang cukup berat.
  2. Membantu meningkatkan konsentrasi dan fokus terhadap suatu hal.
  3. Meningkatkan kesabaran dan memperbaiki emosi yang kurang stabil.
  4. Meningkatkan kemampuan untuk selalu berpikir positif dan mencegah rasa ingin cepat marah.
  5. Membantu memberikan ketenangan atau kedamaian dalam diri.

Tunggu apa lagi, Mamas? Meditasi, yuk! (Lenny Delima/Photo: Istockphoto.com)

 

 

 

 

 

 

Shares