Education

Trik Melatih Anak untuk Bangun Pagi

By  | 

Membangunkan Si Kecil memang cukup sulit, butuh usaha keras dan kadang memancing emosi Anda, bukan? Apalagi jika ia sudah mulai masuk sekolah, tentunya di pagi hari Anda sibuk mempersiapkan segala sesuatu mulai dari sarapan keluarga, perlengkapan Si Kecil, hingga kebutuhan Anda sendiri. Nah agar Si Kecil terlatih untuk bangun pagi. Ikuti trik Smart Mama berikut ya.

  1. Buat rutinitas. Atur jadwal aktivitas sehari-hari Si Kecil, sejak awal ia bangun hingga tidur di malam hari. Dengan begitu Anda dapat mengatur jam tidurnya, misalnya setiap pukul 20.00 malam. Jadi di pagi hari ia akan bangun sekitar pukul 05.00-06.00 dengan otomatis, sehingga Anda dapat menghemat waktu untuk membangunkan Si Kecil. Dan apabila tidurnya cukup, pada umumnya anak akan bangun dengan segar dan tidak rewel.
  2. Pasang alarm. Ajak Si Kecil membeli dan memilih sendiri jam weker dengan karakter favoritnya. Hal ini cukup ampuh karena saat weker berbunyi di pagi hari, ia merasa yang membangunkan dirinya adalah Si Karakter Favorit.
  3. Anda bangun lebih pagi. Orangtua memang contoh terdekat bagi anak. Apa yang Anda inginkan atau tanamkan pada Si Kecil harus didahului dengan perilaku Anda sendiri. Oleh karena itu, sebaiknya Anda bangun lebih pagi, saat mendengar Anda bersiap-siap biasanya Si Kecil juga akan ikut terbangun.
  4. Ciptakan suasana ramai dan kurang nyaman. Menyalakan musik atau TV juga dapat dijadikan pilihan agar Si Kecil terbangun. Pastikan musik yang Anda pilih adalah bergenre hip hop atau upbeat musik. Mematikan AC juga dapat membuat anak cepat terbangun. Selain itu, Anda juga dapat membuka tirai kamar. cahaya matahari juga dapat membangunkan Si Kecil dengan segera. (Karmenita Ridwan/LD/Photo: istockphoto.com)

Shares