Career

Tip Sukses Interview Saat Hamil

By  | 

Panggilan interview memang kerap tak terduga. Bisa jadi Anda sudah mengirim lamaran sejak lama tetapi panggilan interview di perusahaan incaran baru datang kala Anda sudah hamil muda, bukan? Anda tentu bingung ya mengingat kondisi Anda yang tengah mengandung, apakah perusahaan tersebut masih berminat merekrut Anda atau tidak. Nah agar sesi interview Anda berjalan lancar dengan perusahaan impian, yuk simak tip Smart Mama berikut.

  1. Haruskah memberitahu Anda sedang hamil? Hal tersebut sepenuhnya terserah Anda karena merupakan hak pribadi. Apalagi jika kehamilan belum terlihat. Namun tak ada salahnya juga jika Anda memberitahu mereka untuk memastikan kondisi Anda. Dengan begitu Anda dapat melihat dan menilai kredibilitas perusahaan itu. Sebab pada dasarnya jika sebuah perusahaan menolak karyawan dengan alasan kehamilan, hal tersebut dapat dikategorikan sebagai diskriminasi.
  2. Fokus pada keahlian dan pengalaman. Pastikan Anda tidak terlalu banyak berbicara seputar kehamilan. Fokus saja pada keahlian dan pengalaman kerja Anda selama ini. Anda cukup satu kali menyebut bahwa Anda tengah hamil, selanjutnya langsung saja berbicara seputar pekerjaan. Anda akan tampak profesional dan tidak mencampur adukkan urusan pekerjaan dengan pribadi.
  3. Tanyakan deskripsi pekerjaan Anda secara detail. Tak hanya perusahaan saja yang dapat menilai apakah Anda cocok untuk pekerjaan tersebut, Anda juga harus menilai dan menentukan apakah pekerjaan yang ditawarkan cocok atau tidak dengan kondisi Anda. Oleh karena itu tanyakan sedetail mungkin deskripsi pekerjaan Anda, apakah benar-benar sesuai dengan keahlian Anda atau tidak. Apakah pekerjaan tersebut menuntut Anda sering ke luar kota atau tidak. Jika Anda telah menggali info sebanyak mungkin maka Anda akan lebih bijak dalam mengambil keputusan.
  4. Siapkan mental untuk kabar kurang baik. Jujur saja meskipun banyak perusahaan mengklaim bahwa mereka tidak mendiskriminasikan wanita hamil, namun bisa saja kan mereka menolak Anda dengan berbagai alasan walaupun alasan sebenarnya adalah kehamilan Anda. Berbesar hati saja ya Mams, mungkin Anda belum berjodoh dengan perusahaan impian tersebut. Kabar baiknya adalah kini sudah banyak perusahaan yang sangat welcome menerima wanita hamil asalkan Anda memang kompeten. (Karmenita Ridwan/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares